Cara Buat Kerupuk Ikan Teri yang Renyah dan Gurih

Cara Buat Kerupuk Ikan Teri yang Renyah dan Gurih

Cara buat kerupuk ikan teri-Ikan Teri merupakan suatu jenis ikan laut salah satu anggota dari keluarga Engraulidae yang sering dimanfaatkan bagi masyarakat untuk dikonsumsi dengan cara diolah menjadi beragam macam masakan.

Pasti sebagian besar dari masyarakat Indonesia pernah merasakan nikmatnya olahan ikan teri yang rasanya gurih asin, karena ikan ini sangat nikmat walaupun hanya disantap dengan nasi hangat dan sambal saja .

Ikan ini biasanya berukuran sangat kecil-kecil kira-kira ukuran maksimal 5 cm dan hidup secara bergerombol yang sering memangsa plankton sebagai makanannya.

Nah selain itu, ada beberapa ciri yang menonjol dari ikan teri  ini selain ukuran tubuhnya yang kecil yaitu moncongnya yang terlihat tumpul, dan pada kedua rahangnya terdapat gigi yang kecil yang tajam.

Ikan teri ini sangat mudah ditemukan dipasar-pasar tradisional dimana saja dan harganya cukup murah serta pas dikantong.

Kalau anda hobby memasak, maka apa saja jenis makanan itu  pasti anda akan mencoba membuatnya. Kerupuk ikan teri ini bisa anda coba sendiri di rumah, karena bahan dan pengolahannya sangat sederhana dan praktis.

Kerupuk seperti ini rasanya memang berasa gurih dan saat digigit akan sangat renyah dengan balutan tepung sebagai kulit kerupuknya, namun menurut kami kerupuk teri seperti ini tidak terlalu banyak orang yang membuatnya.

Padahal kerupuk seperti ini juga asyik dijadikan camilan kapan saja, akan tetapi selain itu, kerupuk teri ini cocok dijadikan sebagai teman makan bersama berbagai jenis masakan.

Manfaat Makan Ikan Teri bagi Kesehatan

Cara buat kerupuk ikan teri-Sebagai suatu jenis ikan yang digemari masyarakat Indonesia, ikan teri ini memiliki sangat banyak manfaat. Apa saja itu? Simaklah ulasan tentang manfaat ikan teri dibawah ini

  • Kaya Protein

Tak disangka, walaupun ikan teri kecil namun memiliki kandungan protein yang tinggi. Tinggi gizi ini berlaku terhadap ikan teri yang masih segar dan bukan jenis ikan teri yang sudah diasinkan.

Dari 100 gr ikan teri yang masih segar, terkandung 10.3 gr protein. Protein ini akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Manfaat protein bagi tubuh :

  1. Baik untuk masa pertumbuhan
  2. Menambah kekuatan dan daya tahan tubuh
  3. Menambah masa otot
  4. Membentuk otot
  • Kalsium

Ca atau kalsium merupakan suatu nilai gizi tertinggi yang dimiliki oleh ikan teri segar. Zat ini bermanfaat di ikan teri, jika dibandingkan dengan jenis ikan besar lainnya seperti manfaat ikan laut, mungkin kandungan kalsium pada ikan teri merupakan salah satu yang tertinggi.

Dari 100 gr ikan teri ini, memiliki kandungan 972 mg kalsium. Jumlah ini tergolong sangat tinggi untuk ukuran kecil seperti ikan teri ini.

Berikut ini manfaat kalsium bagi tubuh :

  1. Baik untuk kesehatan tulang dan kesehatan gigi
  2. Mencegah terjadinya osteoporosis
  3. Memperkuat tulang
  • Fosfor

Ikan teri ini sama seperti jenis ikan laut lainnya, selain mengandung kalsium, ikan teri segar juga mengandung fosfor.

Fosfor sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsinya sama dengan fungsi kalsium bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gr ikan teri segar, terdapat kandungan fosfor sebanyak 253 mg.

  • Zat Besi

Ikan teri ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi lho. Setiap 100 gr ikan teri segar mengandung 3.9 mg zat besi. Kandungan zat besi ini dapat sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Dibawah ini adalah beberapa manfaat zat besi :

  1. Bisa mencegah terjadinya pusing-pusing
  2. Dapat mempercepat proses penyembuhan dari luka
  3. Menambah darah
  4. Mencegah terjadinya anemia
  • Vitamin A

Vit A pada ikan teri segar tergolong kecil jika dibandingkan manfaat sayur-sayuran atau buah-buahan. Akan tetapi vitamin A dalam ikan teri ini ini tetap dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin A sehari-hari dalam tubuh anda. Dibawah ini merupakan manfaat vitamin A bagi tubuh :

  1. Baik bagi kesehatan tubuh
  2. Dapat menjadi antioksidan
  3. Mencegah terjadinya kelainan dan gangguan pada mata.
  4. Menjaga kesehatan mata
  5. Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh

Kandungan vitamin A pada ikan teri segar sendiri adalah sebesar 43 IU per 100 gr ikan teri segar.

  • Vit B1

Ikan teri memiliki kandungan vitamin B1. Ikan teri ini tergolong kecil kandungannya, yaitu hanya 0.24 mg vitamin B1 per 100 gr ikan teri segar. Namun,  vitamin B1 memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, antara lain :

  1. Membantu proses oksidasi pada tubuh
  2. Memberikan dan memproses energi yang masuk ke dalam tubuh
  3. Menjaga kesehatan tubuh

Mungkin ada diantara anda sekalian yang penasaran dengan rasa kerupuk ikan teri ini. Akan tetapi untuk mendapatkan kerupuk ini memang cukup susah, karena kerupuk ini belum terlalu popular. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencoba membuatnya sendiri dirumah.

Selain itu kerupuk ini juga bisa dijadikan peluang bisnis anda. Mengingat kerupuk ini jarang ada orang yang membuatnya. Berkaitan dengan hal itu, disini saya akan membagikan sebuah resep cara buat kerupuk ikan teri. Disimak ya..

Resep dan Cara Buat Kerupuk Ikan Teri

cara buat kerupuk ikan teri

Bahan dalam Cara Buat Kerupuk Ikan Teri 

  1. 1/2 Kg teri basah, bersihkan
  2. 420 ml air bersih
  3. 2 butir telur
  4. 10 helai daun jeruk, diiris halus
  5. 300 gr tepung beras
  6. Bahan bumbu halus
  7. 15 butir bawang merah
  8. 2 sdt ketumbar
  9. Garam secukupnya
  10. 8 siung bawang putih

Cara Buat Kerupuk Ikan Teri

  1. Pertama dilakukan adalah menghaluskan bumbu lalu campurkan bumbu halus tadi dengan tepung beras, air, telur dan irisan daun jeruk, kemudian aduk sampai semuanya merata
  2. Jika sudah merata, siapkan penggorengan atau wajan dan tuangkan minyak goreng kemudian di panaskan
  3. Setelah minya panas, celupkan ikan teri tersebut kedalam adonan tepung dan bumbu kemudian goreng hingga matang dan garing serta berwarna keemasan.
  4. Nah, kerupuk ikan teri siap dinikmati. Bisa dijadikan cemilan, atau teman makan nasi.

Keunggulan Ikan Teri Dibandingkan dengan Ikan Lain

  • Harganya Lebih Murah

Apabila dibandingkan dengan ikan lainya, ikan teri ini memiliki harga yang lebih murah. Oleh karena itu, kadang ikan teri sering dipandang sebelah mata sebagai ikan kelas bawah.

  • Sangat Mudah Dikonsumsi

Mengkonsumsi ikan teri ini sangatlah mudah. Anda tidak perlu memisahkan duri dan tulang ikan teri ini, seperti anda ketika mengonsumsi ikan lain.

  • Ikan Teri Mudah Diolah

Bentuknya yang terbilang kecil membuat ikan teri ini sangat mudah diolah. Anda hanya mencuci dan membersihkan saja, lalu bisa langsung diolah tanpa harus repot memtong terlebih dahulu.

  • Sering Menjadi Bahan Campuran Masakan

Ikan teri sering digunakan sebagai bahan campuran masakan, untuk menambah citarasa dan menambah menarik suatu masakan.

Jadi jangan pandang sebelah mata ikan teri. Karena dibalik posturnya yang kecil ternyata ikan teri memiliki sejuta manfaat yang baik bagi tubuh anda.

Dan tidak perlu susah untuk mencari ikan teri. Karena ikan teri ini sangat mudah ditemukan. Dipasar atau diswalayan pasti ada. Tapi perlu di ingat ikan teri ini sangat bermanfaat bila kita mengonsumsi nya pada waktu masih segar.

Demikianlah artikel tentang cara buat kerupuk ikan teri ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba resep diatas..

Baca juga artikel cara membuat kerupuk ikan tongkol

 

Comments are closed.