Olahan Bumbu Lele Bakar Arang yang Sayang Untuk Dilewatkan 

Olahan Bumbu Lele Bakar Arang yang Sayang Untuk Dilewatkan 

Kini pada Indonesia menu hidangan lele merupakan salah satu dari sekian banyak menu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Salah satu menu andalan yang biasanya dihidangkan yaitu dengan menggunakan bumbu lele bakar. Saat ini banyak peluang untuk membuat bisnis lele bakar dikarenakan banyaknya lamongan namun belum menyediakan menu lele bakar. Salah satu menu yang bisa disajikan yaitu dengan bumbu lele bakar arang.

Sebelum kita membahas mengenai resep bumbu lele bakar Arang, kita akan membahas tips membersihkan ikan lele dan juga nanti terdapat penjelasan mengenai manfaat dari Ikan lele loh. Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Tips Untuk Membersihkan Ikan Lele

  • Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu membersihkan bagian dari ikan lele yang segar yang sebelumnya sudah disiapkan. Hal ini merupakan bagian yang penting karena terdapat beberapa bagian dari ikan lele yang seharusnya dibuang dan juga dibersihkan. Untuk bagian pertama yang harus dibersihkan pada ikan lele adalah dengan membersihkan lendir yang ada pada tubuh ikan lele. Cara membersihkan bagian pada lendir di ikan lele bisa dilakukan dengan cara menaburkan kan garam di di permukaan pada bagian tubuh ikan. Kemudian ikan digosokkan pada bagian permukaannya Hingga ikan tersebut terasa lebih kesat pada seluruh tubuhnya. Untuk membersihkan sisa garam yang terdapat pada tubuh ikan Jika dengan cara membilas nya dengan menggunakan air secara merata.
  • Setelah membersihkan bagian permukaan dari ikan lele ikan lanjutkan bersihkan pada insang lele yang terdapat pada kepala ikan lele. Cara membersihkan bagian ini yaitu dengan menggunakan sebuah bilah pisau yang berguna untuk membuka bagian dari kepala ikan lele, apabila kepala ikan lele sudah terbuka lalu potong lapisan insang dan kemudian bersihkan ikan secara merata.
  • Lalu setelah ikan di bersihkan bersihkan juga bagian dari jeroan yang terdapat pada perut ikan. Cara membersihkan bagian jeroan ikan lele yaitu dengan cara membelah dari bagian perut ikan menggunakan sebilah pisau dan kemudian keluarkan bagian dari jeroan ikan lele dengan menggunakan tangan sampai bagian jeroan tersebut bersih secara merata.
  • Kemudian apabila ikan lele telah bersih keratkan seluruh bagian tubuh dari ikan lele supaya nantinya bumbu ikan lele bisa meresap ke seluruh bagian dalam daging ikan lele. Lalu ikan dilumuri dengan menggunakan bumbu rendaman dan ikan didiamkan kurang lebih selama 10 menit.

 

Bumbu Lele Bakar Arang

Bahan Utama Bumbu Lele Bakar Arang

  • Lele, cuci bersih, sayat badannya 1 pc
  • Air 1.50 ml
  • Jeruk Nipis 400g 0.50 gr
  • Penyedap Rasa dengan Rasa Ayam 460g 1 gr
  • Bumbu Ayam Kuning Siap Pakai 600g 8 gr
  • Lada 0.20 gr
  • Minyak Goreng 100 ml

Membuat Bumbu Lele Bakar Arang

  • Saus Tiram 20 gr
  • Kecap Manis 1.52kg 15 ml
  • Margarine (dicairkan) 10 gr
  • Kecap Asin
  • Ketumbar, sangrai 2 gr
  • Bawang Putih, dicincang halus 8 mg

Cara Membuat Bumbu Lele Bakar Arang

  1. Langkah pertama yang harus disiapkan yaitu dengan menyiapkan ikan lele. Ikan lele dicuci bersih kemudian diberikan air perasan dari jeruk nipis supaya bau amis dari ikan lele dapat hilang.
  2. Selanjutnya ikan dibumbui dengan menggunakan bumbu ayam kuning serta penyedap rasa ayam dan merica yang telah disiapkan sebelumnya.
  3. Lalu ikan lele disimpan di kulkas selama kurang lebih 30 menit supaya bumbu tersebut meresap
  4. Kemudian goreng ikan tersebut dengan menggunakan minyak panas hingg ikan setengah matang.
  5. Langkah selanjutnya yaitu membuat bumbu bakaran dengan menggunakan bumbu bakaran yang telah disiapkan.
  6. Selanjutnya yaitu memasak lele bakar dengan cara lele yang sudah digoreng sebelumnya dibakar dengan menggunakan alat pemanggang yang menggunakan arang.
  7. Olesi ikan lele dengan menggunakan bumbu bakaran lele supaya tidak kering.
  8. Kemudian angkat ikan lele apabila bumbu telah meresap dan juga apabila ikan lele telah matang.
  9. Ikan lele bakar arang telah siap untuk dihidang.

 

Manfaat dari Ikan Lele

  • Ikan Lele Dapat Meningkatkan Kesehatan Pada Mata

Kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada ikan lele dapat memberikan perlindungan pada mata bagi penderita degenerasi macula yang menyerang pada usia tertentu (AMD). Selain kandungan omega 3, kandungan retinol (Vitamin A) pada ikan lele dapat meningkatkan penglihatan pada malam hari.

  • Dapat membantu dalam membentuk tulang serta gigi

Pada ikan lele terdapat kandungan mineral fosfor yang berguna bagi tubuh. Mineral fosfor memiliki peran penting dalam pembentukan pada tulang serta gigi. Kurangnya fosfor pada tubuh mengakibatkan terjadinya pengeroposan pada tulang yang akan memicu terjadinya kelumpuhan pada tubuh.

  • Bisa mencegah terjadinya depresi

Asam lemak omega 3 yang terdapat di ikan lele cukup tinggi sehingga dapat membantu menguragi timbulnya depresi. Hal ini dikarenakan penelitian mengungkapkan bahwa kurangnya asam lemak omega 3 dapat menimbulkan terjadinya depresi.

  • Ikan lele dapat melindungi kesehatan pada jantung

Hal ini dikarena ikan lele merupakan ikan yang rendah lemak jenuh serta kaya asam lemak omega 3. Kandungan tersebut dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap kesehatan pada jantung serta dapat menurunkan kadar dari kolesterol jahat yang terdapat dalam darah.

  • Dapat menjaga kesehatan pada sistem saraf

Dalam menjaga kesehatan pada sistem saraf diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B12. Ikan lele merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin B12 yang baik untuk tubuh.

 

Terdapat banyak ya manfaat yang diperoleh oleh ikan lele. Selain itu kita juga telah mendapatkan informasi mengenai cara membersihkan ikan lele serta resep bumbu lele bakar Arang. Ikan lele bakar ini bisa disajikan sebagai salah satu menu dalam bisnis pangan seperti banyaknya bisnis sosis bakar pada saat ini. Bisa juga mencoba resep nila bakar madu sebagai referensi masakan rumahan maupun bisnis lainnya. Sekian, semoga artikel yang diberikan memberikan manfaat dan selamat mencoba!

Comments are closed.