Ayo Mencoba Bisnis Kopi Bubuk Rumahan!

Ayo Mencoba Bisnis Kopi Bubuk Rumahan!

Bisnis kopi bubuk rumahan  merupakan produk kopi sekunder dan salah satu bahan minuman yang digemari baik oleh penduduk pedesaan dan juga penduduk perkotaan (Mulato, dkk, 2008).
Mungkinkah ada orang-orang yang tidak mengetahui akan ngopi? Aneka kopi bukanlah lagi hidangan penyemangat. Lebih dari itu Banyak konsumen sudah sadar begitu banyak maslahat yang bisa dirasakan saat sering ngopi. Kenyataannya fakta melonjaknya pecinta kopi tercatat 3 dasawarsa ini maka kopi merupakan bahan perdagangan terbesar kedua setelah minyak bumi. Pada akhirnya dengan demikian bidang usaha unit kopi memerankan peranan menjadi harapan yang menggairahkan kepada penggiat bisnis.
Produk Kopi bubuk memang tidak tercantum kebutuhan vital seperti beras, gula, minyak dan sebagainya, akan tetapi guna segelintir orang kepentingannya menyerupai yaitu boleh jadi mendekati seperti berdagang sembilan bahan pokok pada bisnis kopi arabika yang selalu dan selalu dikonsumsi jangka panjang bagi pecintanya, yang setiap konsumennya akan terus membeli saat kebutuhannya habis,sehingga apabila habis menjadi kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan di rumah.
Pada tahun 2012, kira-kira 70% dari total produksi tahunan biji kopi Indonesia diekspor, terutama kepada para pelanggan di Jepang, Afrika Selatan, Eropa Barat, dan Amerika Serikat.
Produk Kopi
Pengembangan produk bubuk kopi akan memberikan peningkatan nilai tambah baik secara finansial maupun perluasan lapangan kerja di pedesaan. Produksi kopi bubuk oleh petani pemilik kebun masih dilakukan secara tradisional yaitu biji kopi digoreng pada wajan tanah liat pada api panas sampai berwarna hitam.
Untuk menurunkan kadar asam pada kopi ditambahkan beras dan jahe. Setelah biji kopi berwarna hitam kemudian didinginkan dan biji kopi kemudian ditumbuk menggunakan alat penumbuk tradisional. Perlakuan ini menyebabkan kopi pecah tidak seragam dan bubuk kopi yang dihasilkan berkualitas jelek. Bubuk kopi yang telah ditumbuk kemudian diayak untuk mendapatkan partikel-partikel bubuk kopi yang lebih halus.
kopi bubuk menjadi salah satu bahan penting yang diperlukan dalam pembuatan minuman kopi. biji yang telah digiling atau dihaluskan sangat berpengaruh pada cita rasa yang akan diciptakan oleh pembuat. kopi bubuk yang berkualitas akan menghasilkan minuman yang nikmat.
Mengapa peluang usaha kopi bubuk sangat dijagakan bagi mereka-mereka yang ingin menduniai kopi ? karena didalam negeri indonesia telah banyak daerah-daerah yang sangat bagus dan juga berpotensial baik.sebenarnya kopi apa saja bisa dijadikan untuk peluang usaha kopi tergantung cara penggolahannya.
Kopi bubuk (Coffee Powder) untuk minuman bisa dibuat dengan cara tradisional. Cara membuat kopi bubuk secara tradisional mudah hanya proses pengeringan yang lama karena mengandalkan sinar matahari. Bisa juga menggunakan mesin kopi modern bisa beli di toko mesin.
Pilih biji kopi yang bagus. Keringkan di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering, goreng biji kopi dengan cara sangrai (goreng tanpa minyak) sampai warnanya kecokelatan. Setelah itu, giling atau ditumbuk biji kopi nya sampai halus menjadi bubuk.
Bubuk kopi siap diseduh menjadi minuman kopi. Bubuk kopi sebaiknya disimpan di toples yang rapat, tidak lembab, dan tidak terkena sinar matahari langsung.
Jika bubuk kopi atau kopi bubuk sudah tersedia bisa kita langsung olah menjadi racikan minuman kopi hitam yang nikmat pas mantap atau cara meracik kopi dan aneka resep kopi hitam yang siap diolah.
Dengan cara tersebut saat-saat dirumah bersama keluarga bisa melakukan pekerjaan dan tanpa keluar rumah. Setelah itu bisa juga disorder ketettangga rumah, saudara-saudara dan lain-lain.
Buat kamu yang ingin membuka usaha kopi, bisa juga membaca artikel ini!
Comments are closed.