3 Bakso Bentuk Unik, Mau Coba?

3 Bakso Bentuk Unik, Mau Coba?

Bakso memang memiliki kelezalatan yang tidak bisa diragukan lagi. Makanan berbahan daging cincang ini memiliki penggemar di semua kalangan, dengan rasa bulatan daging yang dipadukan dengan kuah yang gurih maupun tanpa kuah, membuat setiap orang selalu ingin nambah. Selain bakso yang bebentuk bulat kini variasi dari bakso sudah beragam. Banyak dijumpai penjual bakso yang menyediakan bakso bentuk unik.

Diberbagai tempat sudah mudah dijumpai penjual bakso dengan bentuk unik mulai dari kotak, gepeng hingga bentuk barbel dan beberapa bakso kreasi lainnya seperti bakso hitam, bakso ikan, dan bakso balado. Proses pembuatan bakso bentuk unik ini sama dengan pada umumnya, bahannya pun sama kebanyakan dari daging sapi. Berikut variasi bakso bentuk unik.

Baca juga : 5 Jenis Bakso Unik di Dunia, Apakah di Indonesia Ada?

 

3 Bakso Bentuk Unik

 

1. Bakso Gepeng

bakso bentuk unik

Bakso gepeng mejadi salah satu bakso bentuk unik. Disebut bakso gepeng ya karena bentuknya gepeng. bakso gepeng ini proses pebuatannya yakni adonan bakso dibentuk bulat seperti bakso biasanya kemudian setelah itu bakso dipres atau digepengkan dengan tangan. Rasa dari bakso gepeng pun tidak kalah nikmat dengan bakso bulat, rasanya yang gurih dan kenyal selalu menggoda lidah.

Di Indonesia menu bakso gepeng yang cukup terkenal yaitu bakso gepeng Indra Jaya yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Warung bakso ini dikelola oleh Jefry Ocky (32), generasi ketiga dari bakso indra yang didirikan keluarganya. Jefry memciptakan bakso bentuk unik ini untuk memberi ciri khas dari bakso lainya.

Bakso gepeng Indra Jaya dalam penyajian dihidangkan dengan kuah bakso yang kental, gurih,  dan segar. Sebagai pelengkap diberi taburan daun bawang, sayuran kering, dan tong cai yang menambah kelezatan bakso gepeng ini. Soal harga satu porsi bakso gepeng dihargai Rp 22.500. Jika anda sedang pergi ataupun berlibur ke Semarang sangat direkomendasi untuk mencoba bakso gepeng Indra jaya ini.

2. Bakso Kotak

bakso bentuk unik

Bakso bentuk unik yang kedua adalah bakso kotak. Bakso kotak ini mempunyai rasa dan tekstur yang sama dengan bakso bulat maupun gepeng, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati bakso bentuk unik satu ini. Cara membuatnya yakni daging sapi yang sudah digiling dicapur dengan tepung dan bumbu bakso pada umumnya.

Untuk membentuk kotak, adonan dipipihkan menggunakan penggiling kayu kemudian dicetak dengan cetakan berbentuk pensegi panjang, jika tidak bisa dengan cara memotong langsung berbentuk kotak dengan pisau. Setelah berbentuk kotak tinggal direbus hingga matang.

Di Surabaya ada sebuah warung bakso yang menyediakan menu bakso kotak. Adalah Warung Bakso Kotak Cak Budi, beralamat di  Jalan Golf No. 105 Jogoloyo Surabaya. Warung ini didirikan oleh cak Budi pada tahun 2000, selain bakso kotak juga menyediakan bakso halus, bakso BOM, dan mie ayam. Bakso kotak dihidangkan dengan kuah yang segar dan gurih, namun di warung bakso kotak cak Budi juga menu bakso kotak bakar yang dinikmati dengan saus kacang.

3. Bakso Barbel

bakso bentuk unik

Bakso bentuk unik selanjutnya adalah bakso barbel. Bakso ini berbentuk seperti alat fitnes yakni balbel, tapi anda tak kuwatir karena berat nya tidak seberat barbel asli. Proses pembuatannya pun seperti bakso biasanya, daging yang dicincang dan dicampur bumbu kemudian ditambahkan tepung hingga menjadi adonan. Adonan bakso kemudian dibentuk serupa barbek dengan cetakan dan direbus hingga matang.

Bakso barbel yang sudah terkenal yaitu bakso hasil kreasi dari artis sekaligus binaragawan Agung Herkules. Warung bakso Agung Herkules ini dinamai Bakso Barbel Herkules. Warung ini sudah buka beberapa cabang, namun pusatnya ada di kawasan Antapani Kota Bandung. Keunikan dari tempat ini adalah di meja makan terdapat beberapa barbel yang dipasang pada posisi berdiri, tapi posisi atasnya kosong dan cekung.

Cara makaya juga unik. Ketika bakso dihidangkan, Mangkok yang berisi bakso barbel lengkap dimasukkan ke bagia atas barbel yang ada di meja. Bakso bentuk unik ini yang dijual perpaket Rp 22.500 dan paket hemat Rp 14.000.

Comments are closed.