Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng Yang Enak

Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng Yang Enak

Baceman bawang putih untuk nasi goreng memang sangatlah penting sebagai bumbu masak apalagi untuk masak nasi goreng, karena jika masak nasi goreng tidak memakai baceman bawang  putih rasanya kurang sedap.

Pengertian Bawang Putih

Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) yaitu nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan.

Manfaat Bawang Putih

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan adalah menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal tersebut telah dibuktikan dengan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih juga dapat melindungi penderita diabetes dari kardiomiopati (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini muncul dari hasil studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Mencegah Flu

Apakah Anda sering masuk angin? Cobalah makan bawang putih. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh dokter keluarga Amerika, konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi dan mencegah influenza.

4. Pengurangan Risiko Osteoartritis

Manfaat bawang putih lainnya adalah pencegahan osteoartritis. Sebuah studi tentang subjek tersebut dilakukan di King’s College London dan Universitas East Anglia. Studi tersebut menemukan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi bawang putih dalam makanan sehari-hari memiliki penurunan risiko terkena osteoartritis. Osteoartritis adalah peradangan pada persendian yang sering berkaitkan dengan penuaan.

5. Mengurangi Risiko Kanker Paru-paru

Jika Anda menikmati makan bawang putih mentah, kebiasaan itu harus anda lanjutkan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research, manfaat mengonsumsi bawang putih mentah terkait dengan penurunan risiko kanker paru-paru.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu khasiat bawang putih adalah mengurangi risiko berbagai penyakit. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan pada bawang putih. Kandungan ini bisa membantu melawan radikal bebas. Dengan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, antioksidan tidak hanya menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, tetapi juga menurunkan risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia.

7. Memberikan Efek Detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk efek detoksifikasi berasal dari kandungan sulfur pada bawang putih. Dalam dosis tinggi, kandungan ini menunjukkan efek perlindungan atau perlindungan organ tubuh dari racun logam yang mungkin ada di dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah studi tentang ekstrak bawang putih kering pada wanita menopause. Hasil penelitian menunjukkan penurunan tingkat defisiensi estrogen yang menyebabkan osteoporosis pada seseorang.

9. Pencegahan Kerusakan Hati

Kerusakan hati terutama disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti konsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang. Namun hal ini bisa dicegah dengan menjaga khasiat bawang putih.

10. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab paling umum dari kelahiran prematur adalah infeksi selama kehamilan. Bawang putih dipercaya memiliki efek antimikroba yang dapat mencegah infeksi dan menurunkan risiko kelahiran prematur.

Manfaat Nasi

1. Baik Untuk Penderita Penyakit Celiac

Nasi putih merupakan salah satu makanan yang tidak mengandung gluten. Nah, bagi penderita penyakit celiac yang tidak bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, nasi bisa menjadi pilihan yang tepat. Tak hanya disantap sebagai nasi, nasi putih juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan, seperti mie, bihun, tepung, dan minuman. Sehingga penderita penyakit ini tidak akan bosan mengkonsumsi nasi dalam bentuk nasi saja.

2. Sumber Energi Yang Baik Untuk Tubuh

Sebagai sumber karbohidrat, nasi putih bisa menjadi salah satu sumber energi paling efektif yang bisa Anda konsumsi. Itu sebabnya, para atlet lebih memilih nasi putih dibandingkan nasi merah dan nasi merah, karena makanan tersebut dapat memberikan tenaga dalam waktu singkat.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang, Saraf dan Otot

Magnesium yang terkandung dalam nasi putih merupakan mineral yang penting untuk menjaga fungsi tulang. Tak hanya itu, magnesium juga dibutuhkan tubuh agar fungsi saraf dan otot bisa berjalan dengan baik.

4. Baik Untuk Kesehatan Usus

Nasi mengandung serat khusus yang diubah menjadi asam lemak oleh tubuh saat kita mengkonsumsinya. Asam lemak ini kemudian dapat menjaga kesehatan usus bahkan mengurangi risiko kanker kolorektal.

Resep Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng

Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng

Resep Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng

Bahan – bahan:

  • 100 gram Bawang Putih (20-25 siung)
  • 1 buah Kemiri

Cara Buat Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng:

  1. Kupas dan cuci bawang putih, tiriskan. Jika perlu, bungkus dengan saputangan dan biarkan selama sehari hingga benar-benar kering. Jangan sampai setetes air pun
  2. Haluskan kemiri, haluskan bawang putih secara kasar
  3. Taruh di gelas
  4. Tambahkan minyak goreng untuk menutupi seluruh permukaan bawang putih
    Segel kedap udara. Biarkan berfermentasi
  5. Tunggu minimal 24 jam dan siap untuk nasi goreng, mie jawa, sambal goreng, dan aneka tumis lainnya.

Resep Dan Cara Masak Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng

Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng

Bahan – bahan:

  • Sepiring Nasi
  • 1 sdm Minyak ayam (resep sdh pernah diposting ya)
  • 1 sdm Baceman Bawang putih (resep sdh pernah diposting ya)
  • 3 buah Cabe rawit merah, iris
  • 2 sdm Daging ayam, iris dadu tipis
  • 3 ekor Udang, kupas kulitnya
  • 1 butir Telur
  • 2 butir Bakso, iris tipis
  • 1 lembar Daun sawi hijau, iris
  • 1/2 sdt Kecap asin
  • 1 batang Daun bawang, iris
  • 1 sdm Kecap manis
  • 1/2 sdt Kecap ikan
  • 1 sdt Saus tiram
  • 1 sdt Kaldu bubuk
  • 1/2 sdt Garam

Cara Membuat Nasi Goreng Menggunakan Baceman Bawang:

  1. Pertama panaskan minyak ayam. Tumis baceman bawang sampai harum.
  2. Kedua masukkan cabe, ayam, udang dan bakso. Tumis sampai ayam dan udang matang. Pinggirkan ke tepi wajan.
  3. Lalu goreng telur, buat orak-arik.
  4. Masukkan nasi dan bumbu, sawi dan daun bawang, aduk rata test rasa.
  5. Sajikan dengan pelengkap yang ada seperti telur ceplok, kerupuk dan acar.

Jangan lupa nasi gorengnya menggunakan kerupuk/ keripik agar tambah nikmat apalagi pakai keripik bawang. Yuk bikin keripik bawang sendiri resep keripik bawang. keripik bawang/ pangsit juga bisa di padukan dengan resep mie pangsit surabaya.

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan.

Mungkin itu informasi dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih

Comments are closed.