Browsed by
Author: Fachry Albar

Ssst,,Ini Dia Cara Membuat Macchiato Sederhana

Ssst,,Ini Dia Cara Membuat Macchiato Sederhana

Cara Membuat Macchiato Sederhana –  bagian kalian sudah pernah mendengar minuman yang satu ini atau sudah tahu cara membuat nya?  tenang deh mimin akan kasih tips cara membuat nya. Tapi sebelum nya kalian sudah tahu kan apa itu macchiato? Kata dari macchiato juga berasal bahasa italia yang artinya penanda atau ditandai. Sedangkan pengertian coffee macchiato adalah kopi yang ditandai. Istilah ini muncul berkaitan dengan asal usul terciptanya sajian coffee macchiato di beberapa kafe atau restoran di Italia.

Baca Juga : Khasiat Jus Madu Kelengkeng Untuk Kesehatan

Pada mulanya, orang-orang di sana menginginkan espresso dengan tambahan sedikit susu di atasnya. Karena rupa macchiato dengan tambahan susu tersebut masih mirip seperti espresso murni, maka tidak sedikit pelayan yang bingung dalam membedakan keduanya. Maka terciptalah kopi macchiato yang awal mulanya digunakan untuk mempermudah pelayan untuk menandai espresso yang telah ditambahi susu.

Untuk membuat miniman ini pun sederhana, bahkan bisa Anda buat dirumah tanpa harus berkunjung ke kedai kopi. Berikut cara membuat macchiato sederhana

Cara Membuat Macchiato Sederhana

Tidak perlu repot beli jika bisa buat sendiri, termasuk jika kamu suka banget sama Macchiato Bahan dan cara buatnya mudah, ini resepnya :

Alat-alat :

  1. Starpresso( karena bentuk dan caranya lebih sederhana).
  2. Milk Frother, atau jika tidak ada bisa menggunakan Frech Press

Bahan-bahan :

  1. Kopi robusta/arabica yang sudah digiling dengan tinkatan halus
  2. Susu Bubuk

Cara Membuat :

  1. Buatlah espresso dengan komposisi 10 gram untuk 50 ml air dengan menggunakan alat starspresso.
  2. Kemudian Buatlah microfoam susu sebanyak 100 ml, dengan menggunakan milk frother atau french press.
  3. Lalu Masukan espresso kedalam gelas lalu pelan-pelan masukan susu yang sudah dalam bentuk microfoam, harus pelan pelan agar foam bisa menghiasi bagian atas Macchiato Anda.
  4. Macchiato siap di sruput, Selamat mencoba

Nah Sederhana bukan, cara membuat macchiato sederhana ini dirumah? Mungkin ini bisa jadi minuman favorit kalian gengs. welll, Selamat Mencoba coffelovers

Yuk Baca Juga Artikel Mengenai : Tips! Cara Membuat Macchiato Yang Bikin Kalian Meleleh

 

 

Ini Dia? Cara Membuat Es Coffemix Yang Enak Dan Seger

Ini Dia? Cara Membuat Es Coffemix Yang Enak Dan Seger

Cara Membuat Es Coffemix – Kalian pasti nya sudah tidak asing kan mendengar es coffe mix. Yah? coffemix ini merupakan salah satu jenis kopi arabika yang kemas dalam bentuk sachet/perbungkus. minuman kopi instan ini telah di produksi oleh PT. Sari Indofood ini sudah terkenal di kalangan masyarakat di Indonesia karena merekalah yg memelopori kopi instan 3 in 1 (kopi, krimer dan gula dalam bentuk sachet) dengan  campuran bubuk kopi dengan gula atau susu, coklat dan sebagainya.

Yuk Baca Artikel MengenaiBERSIH SEHAT !! MANFAAT AMPAS KOPI UNTUK KULIT

Untuk membuat nya sangat mudah lo? kalian ingin membuat apa es indocafe float, oreo coffemix atau yang lain. kalian tinggal  mencapuri saja bahan yang telah dibuat dengan  kreamer coffemix .Ehmm,, Ya udah deh mimin akan kasih tips cara membuat es coffemix yang enak dan seger

Cara Membuat Es coffemix

Resep Pertama (es coffemix chocolate)

bahan-bahan :

  • 1 bks coffee bubuk
  • 50 ml air
  • cukupnya ice cube
  • 1 sdm madu
  • 1 batang astor
  • 50 gram coklat blok parut
  • 2 sdm mutiara merah matang
  • 3 sdm susu kental manis
  • 50 gram coklat permen warna warnai

Cara Membuat nya :

  1. Campurkan kopi bungkus.sesuai selera dengan air panas.
  2. Masukan mutiara merah yg udah matang kedalam gelas
  3. Masukan ice cube
  4. Masukan susu kental manis
  5. Masukan madu
  6. Trus tuangkan kopi tadi kedalam gelas Astor di gelasnya
  7. Lalu masukan coklat parut diatasnya taburkan menutup rata
  8. Tabur kan juga permen coklat yg warna warni diatasnya
  9. Minuman siap di sajikan

Resep Kedua (Indocafe Float)

bahan-bahan :

  • 1 sachet Indocafe Coffeemix
  • 2 scoop es krim vanilla
  • sirup coklat secukupnya (sesuai selera masing jenis sirup)

Topping :

  • meses warna-warni
  • kukis (kue kering) coklat

Cara membuatnya :

  1. Pertama seduh kopi dengan air panas, biarkan dingin. siapkan blender, campur kopi dengan 1 scoop es krim, blender hingga halus
  2. siapkan gelas,  siramkan sirup coklat di sisi dalam dalam gelas untuk mempercantik. tuangkan campuran kopi di gelas
  3. berikan 1 scoop es krim di atas campuran kopi, kemudian garnish bagian atasnya dengan topping

Resep Ketiga (oreo coffemix)

bahan-bahan :

  • 3 bks Indocafe Coffeemix
  • 200 ml susu cair UHT
  • ½ bks oreo, remukkan biskuitnya
  • kubus es batu dan air secukupnya

topping :

  • 1 scoop es krim vanilla

Cara Membuatnya :

  1. Masukkan susu, es batu, oreo, air secukupnya, dan 3 bungkus Indocafe Coffemix, blender halus
  2. Tuang kedalam gelas, tambahkan topping es krim dan meses diatasnya

Resep Tambahan ( Bday cake mix kopi dan cokelat)

Bahan-bahan :

  • 450 gram tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 150 gram mentega cairkan
  • 200 gram mentega cairkan
  • 1 sdm kopi bubuk
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt garam
  • butter cream :
  • 100 gram mentega putih + 100 gram gula halus + 1 sdt kopi bubuk (dimixer hingga halus)

Cara membuatnya :

  1. Mixer gula dan telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan padat.
  2. Masukkan susu bubuk, baking powder dan tepung terigu sedikit demi sedikit. Lalu masukkan mentega yang telah dicairkan. Setelah di mixer kurang lebih 10 menit masukkan kopi dan coklat bubuk serta garam.
  3. Adonan kue yang sudah mengembang di masukkan ke dalam cetakan dan di panggang didalam oven kurang lebih 45 menit dengan suhu 250 derajat.
  4. Setelah kue matang belah adonan dibagian tengah hingga menjadi 2 dan beri butter cream yang sudah disiapkan sebelumnya. Lapisi pula sekeliling kue dengan butter cream.
  5. Karena judulnya bday cake, hias kue sesuai selera ya. Kali ini aku hias dengan keju, oreo dan choco stick dan ikat sekeliling kue dengan pita agar menarik.

Itu lah bebrapa penjelasan tentang cara membuat es coffemix. gampangkan? Kalian bisa membuat apa saja dengan mencampuri sebungkus coffemix membuat minuman dan makanan kalian menjadi enak dan segar. Tertarik kah??

Baca Juga Referensi Artikel Mengenai : Cara Membuat Coffemate yang enak

 

 

 

Cara Membuat Espresso Menggunakan Mesin Yang benar

Cara Membuat Espresso Menggunakan Mesin Yang benar

Cara Membuat Espresso Menggunakan Mesin – Bagaimana cara nya membuat espresso dengan menggunakan mesin? kali ini mimin akan membahas menggunakan mesin kopi yang berjenis semi otomatis. Jadi kalian harus mengatur waktu ekstraksi secara manual. Berbeda juga dengan mesin kopi otomatis, di mana seluruh rangkaian mesin pembuatan espresso dikerjakan sepenuhnya oleh mesin tsb. Untuk waktu ekstraksi terjadi pada saat udara yang memiliki tekanan tinggi ditiupkan ke portafilter untuk menghasilkan espresso. Berikut Cara pembuatan nya

Yuk Baca Juga Artikel Mengenai : Cara Membuat Kopi Susu Yang Gampang Dan Sederhana

Cara Pembuatan Espresso

Bahan-bahan :

  • Biji kopi segar
  • Air mineral

Alat-alat :

  • Coffee grinder
  • Portafilter
  • Manual atau semi-automatic coffee machine
  • Coffee mug

Cara membuat :

1. Pertama Pilih lah jenis biji kopi yang kamu suka, baik itu house blend atau single origin . Mimin menyarankan untuk menggunakan biji kopi segar, supaya rasa seduhan kopinya maksimal. Untuk mengetahui cara Melihat biji yang bisa dipakai lihat dari roasted date-nya

2. Usahakan cari biji kopi yang berkualitas dan segar. aroma dari cita rasa kopi yang kita buat akan jauh lebih enak jika kita tahu biji kopi itu di-roasting untuk metode seduh yang seperti apa

3. Kemudian Siapkan air mineral yang akan digunakan. Kalau pengen hasilnya betul-betul maksimal, gunakan filter air agar kalian bisa mendapatkan air dengan kandungan mineral yang pas.

4. Lalu tentukan kehalusan bubuk kopi sebelum menggiling biji kopi yang akan diseduh kecoffee grinder. Untuk espresso, giling biji kopi dengan kehalusan yang mirip dengan gula yang sangat halus.

4. Masukkan biji kopi ke dalam coffee grinder kemudian giling sesuai dengan takaran dan kehalusan yang udah  ditentukan sebelumnya.  Untuk Jumlah yang digunakan  segelas espresso berkisar antara 7-12 gr.

5. Lalu siapkan portafilter. Ingat!, keadaan portafilter harus  bersih sebelum digunakan.

6. Taruh lah biji kopi yang sudah digiling ke portafilter.

7. Kemudian lakukan tamping (meratakan kopi di portafilter). Ini untuk memastikan permukaan dari bubuk kopi padat dan rata.

8. Untuk hasil taping sudah selesai

9. Kemudian Bilas grouphead (bagian yang mengeluarkan cairan espresso) sebelum proses penyeduhan atau ekstraksi kopi dilakukan.

10. Pastikan suhu air sudah sesuai dengan keinginan. Untuk Suhu air yang digunakan  umumnya berkisar 90-96C. Air yang digunakan untuk segelas espresso yaitu berkisar antara 25-35 gr.

11. Pastikan dulu coffee mug sudah dipanaskan terlebih dahulu, Kemudian lakukan ekstraksi selama dan sebanyak yang kamu, nggak harus selalu 20-30 detik untuk 30 ml espresso. Kalau waktu ekstraksi terlalu cepat, maka rasa dari bubuk yang muncul biasanya asam nggak enak. Kalau ini bakalan terjadi, cobalah kalain menghaluskan bubuk kopi terlebih dahulu. Kalau ekstraksi lebih dari 35 detik, bisanya rasa yang muncul adalah rasa pahit. oleh Karena itu, Kalian coba tingkat kehalusan bubuk kopi dibuat lebih kasar. Yang paling adalah rasa yang keluar sesuai dengan selera kalian. Jadi, tingkat kehalusan bubuk kopi, waktu penyeduhan, dan volume yang digunakan semuanya sebenarnya tergantung dari selera kalian masing-masing.

12. Espresso yang keluar dari hasilnya, Yaitu terdiri dari crema di lapisan atasnya dan kopi cair di bagian bawahnya.

Tips: Kalau kalian ingin rasa kopi yang kamu buat tetap stabil, sebaiknya jangan menyeduh biji kopi yang kemasannya terlalu lama. penyimpanan pun juga sangat mempengaruhi rasa seduhan kopi. Biji kopi paling baik disimpan di tempat gelap/kedap pada suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari

Baca Juga Referensi Artikel Mengenai : Cara Membuat Espresso Yang Nikmat

 

Tahukah Anda Pengertian Dari Kopi Liberika ?

Tahukah Anda Pengertian Dari Kopi Liberika ?

Pengertian Kopi Liberika – Kalian pasti sudah mendengar dengan kopi jenis satu ini, yah? Kopi liberika, kopi ini menjadi  Salah satu varian tanaman kopi yang belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu negara produsen kopi di dunia, Di Indonesia memang terkenal dengan jenis kopi Robusta dan Arabika. Kopi Robusta, yang mendominasi pasar kopi lokal dengan sekitar 70%. Sementara kopi Arabika, dianggap sebagai kopi yang mewah dan lebih banyak dihidangkan di cafe ternama

Bagaimana dengan kopi Liberika?Dengan  Aromanya yang menyengat seperti buah nangka membuat kopi Liberika sulit memperoleh pangsa pasar lokal.

Yuk Baca Juga Artikel Mengenai : Paduan Roasting Kopi Untuk Pemula

Selain juga karena hasil komoditasnya yang termasuk jarang sekali bisa di bilang langka. Masyarakat Di indonesia sudah terbiasa dengan aroma kopi Robusta yang memang perkebunan kopinya lebih banyak. Sedikit sekali petani kopi yang mau menanam Kopi ini. Kalaupun ada, biasanya sebagai selingan diantara tanaman kopi Robusta atau Arabika

Asal Dan Varian

Kopi Liberika adalah tanaman kopi endemik berasal dari tanaman Afrika, tepatnya berasal dari Liberia. pada Awalnya tanaman ini digolongkan dalam kelompok kopi Robusta, Tetapi pengelompokan paling baru dari para ilmuwan menyatakannya dengan spesies sendiri dengan nama Coffea liberica.

Kopi ini pertama kali dibawa ke Indonesia pada abad ke-19 saat banyak tanaman kopi arabika saat itu terserang penyakit. Daerah yang sering banyak ditanami jenis kopi Liberika adalah Bengkulu dan Jambi.

Salah satu varian kopi ini yang paling terkenal adalah kopi Excelsa (Coffea liberica var.Dewefrei). Buahnya lebih kecil dari kopi Liberika biasa dan berkulit lebih tipis serta pupus daun lebih berwarna merah. Selain itu, adapula varietas lokal yang berhasil dikembangkan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka) Indonesia, dengan nama “Libtukom”, singkatan dari Liberika Tunggal Komposit.

Ciri ciri Kopi Liberika

Aroma yang Terdapat dari kopi Liberika sangat lah khas dan mudah untuk membedakannya dari kopi Robusta atau Arabika. Dengan aroma Menyengat tajam, dengan rasa pahit yang lebih kental. Biasanya, kopi Liberika dicampuri susu untuk menutupi aroma tajamnya dan rasa pahit. Kopi ini juga sering digunakan sebagai campuran bagi kopi Robusta untuk memberi tambahan aroma kopi.

kopi Liberika dikenal juga sebagai kopi Nangka. Selain karena aromanya yang menyengat tajam, Dan juga bijinya yang besar, hampir 2 kali lipat dari biji kopi robusta atau arabika. Juga bisa dikenali dari pohon kopinya yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitarr 9 meter, mirip dengan pohon nangka.

Meskipun buahnya berukuran lebih besar, bobot buah keringnya cuma 10% dari bobot basahnya. Dengan buah ini lah biasanya kurang disenangi beberapa petani lantaran penyusutan bobot waktu panen sampai buah siap olah cukup tinggi.

Potensi Kopi LIberika

Padahal, jika mau dikenalkan kopi ini secara lebih luas, pasar kopi Liberika termasuk sangat potensial. negeri jiran adalah salah satu pengkonsumsi kopi jenis liberika terbesar di dunia. Kebun kopi jenis Liberika di ngeri tsb mencapai 80% dari total area perkebunan kopi yang ada disana. Pusat perkebunan kopi Liberika di Malaysia ada di daerah Melaka, Selangor, Johor, dan Sabah.

untuk memenuhi kebutuhan kopi Liberika, Malaysia mengimpor kopi dari Indonesia, terutama dari perkebunan kopi di Jambi. Selain itu, Filipina juga termasuk pengkonsumsi kopi Liberika dengan luas perkebunan mencapai 25% dari total kebun kopi disana. Masyarakat lokal yang ada Filipina menyebutnya sebagai Kapeng Barako (Barako Coffee), dengan sentra perkebunan terdapat di provinsi Batangas dan Cavite.

Melihat potensi dari kopi Liberika yang besar, sudah saatnya kopi jenis ini lebih sering diperkenalkan ke masyarakat umum dan juga para petani kopi.

Baca Juga Referensi Artikel Mengenai : Jenis Kopi Arabika Yang terkenal Di Dunia

Woww,..Inilah Macam Macam Kopi Di Luar Negeri

Woww,..Inilah Macam Macam Kopi Di Luar Negeri

Macam macam Kopi Luar Negeri – coffelovers kalian suka minum kopi? Sudah tahu belom macam macam kopi di luar negeri. Kalau kalian cinta kopi pasti nya sudah tahu dong apa saja macam macam kopi di luar negeri. Ternyata hanya di dalam negeri juga lo, Di luar juga banyak sekali. Yuk cari tahu apa saja macam macam kopi di luar negeri tapi sebelum nya kita cari tahu apa sih itu kopi

Kopi adalah salah satu komoditas yg ada di dunia dan telah dibudidayakan lebih dari 50 negara. Kopi juga adalah sebuah sajian yang dihasilkan dari biji bijian yang telah disangrai kemudian dihaluskan sehingga menjadi bubuk. Sekilas tentang sejarah kopi, tercatat bahwa kopi ditemukan oleh Bangsa Etiopia yang ada di Benua Afrika.

Yuk baca juga artikel mengenai : Cara menyeduh biji kopi hijau yang benar

Kemudian kopi terus berkembang hingga ahirnya menjadi minuman populer saat ini. Ternyata khasiat dari kopi ini mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung. ajian kopi baik dalam keadaan hangat ataupun dingin tidak akan pernah merubah cita rasanya. Untuk para pecinta kopi, tidak akan terlewat kan setiap harinya dalam menyeruput kopi. Meskipun ada sberapa pendapat bahwa efek yang diberikan dalam mengkonsumsi kopi itu tidak baik, namun tidak mengurangi jumlah penggemar kopi di dunia. Nah para coffelovers sudah tahu kan apa itu kopi? sekarang mimin akan jelasin beberapa saja ya tentang macam macam kopi di luar negeri

Macam Macam Kopi Di Luar Negeri

Kopi Frappe

Kopi ini berasal dari yunani yang merupakan minuman kopi dingin yang dibuat dari kopi instan. Minuman es kopi ini sangat lah mudah dibuat, dengan cara mencampur kopi instan ditambahkan gula. Dalam proses pembuatannya yaitu dengan cara di kocok atau diblend sehingga membentuk busa.

Setelah itu tuangkan frappe ke dalam gelas panjang yang sudah terisi es batu, air es dingin dan susu. Dalam penyajiannya kopi bisa gunakan dengan sedotan untuk menikmati nikmatnya minuman es kopi  ini. kopi ini sangat lah cocok diminum di waktu siang siang hari

Kopi Vietnam

Vietnam adalh penghasil dari kopi ini dengan mencapuri es batu dan susu kental manis membuat kopi sangat nikmat. dengan proses banyaknya biji  yang  di giling membuat kopi ini membutuhkan waktu yang cukup lama bila di bandingkan dengan cara penyeduhan kopi lainya.

Kopi yang dihasilkan dari Vietnam ini memiliki rasa yang lebih pekat. hal itu lah membuat masyarakat Vietnam selalu menambahkan susu kental manis di gelas yang akan dituang dengan Kopi Vietnam. Dengan kombinasi rasa kopi alami yang sedikit asam berpadu dengan susu kental manis, membuat cita rasa kopi yang luar biasa nikmat.

Kopi Jamaica

Kopi ini berasal dari jamaica bukan hanya jamaica saja bahkan benua amerika lain nya juga mempunyai jenis kopi dengan jenis populer nya yaitu jamaica blue mountain dengan terbuat dari cita rasa yang sangat menarik dgn bertekstur ringan, dan rasa nya tidak pahit bahkan kita cuman merasai sensasi krim yang luar biasa.

Kopi jamaica adalah hasil olahan dengan biji yang basa sehingga rasa yang di hasilkan biji tersebut terasa halus dan sedikit ringan. keasaman yang cerah dan juga halus membuat kopi ini menghasilkan aroma jamaica yang berkilau dan bersih. Kopi ini juga terkenal premium dengan harga yang termahal didunia membuat para pecinta kopi ingin sekali mencicipi nya.

Kopi Liberika

Kopi ini berasal dari tanaman edemik afrika, tepat nya di negara liberia. Salah satu varian kopi Liberika yang terkenal adalah kopi Excelsa. Buahnya lebih kecil dari kopi Liberika biasa nya dan berkulit lebih tipis serta pupus daun lebih berwarna merah. Selain itu, adapula varietas lokal yang berhasil dikembangkan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Indonesia, dengan nama “Libtukom”, singkatan dari Liberika Tunggal Komposit.

Kopi ini memiliki aroma yang menyengat dengan rasa pahit kental dan bisa juga di campuri susu untuk menutupi aroma yang pahitnya tajam. kopi Liberika mampu tumbuh dengan baik di dataran rendah dan juga bisa berbuah di sepanjang tahun. Dengan penyuluhan yang baik saat penanaman maupun penanganan pasca panen, Kopi ini juga memiliki komoditas ekspor unggulan seperti kopi robusta dan arabika

Nah coffelovers itu lah penjelasan sedikit terkait macam macam kopi, Mimin tidak bisa menjelasin secara lengkap tentang macam macam kopi di luar negeri.

Baca juga referensi artikel mengenai : Macam macam kopi Yang perlu anda ketahui