Browsed by
Author: Bayu Khoirul Muntaha

Beginilah Cara Memasarkan Kue Bawang Agar Layak Di Pasaran

Beginilah Cara Memasarkan Kue Bawang Agar Layak Di Pasaran

Cara memasarkan Kue Bawang – Meskipun kue bawang memiliki banyak macam, cara pemasaran yang dilakukan intinya sama. Peluang usaha keripik ini juga memiliki prospek yang semakin baik di masa depan. Dan bertujuan untuk membuka bisnis baru dalam bidang makanan dengan cara pemasaran yang tepat.

cara memasarkan kue bawang

Baca juga :

Tips Peluang Usaha Tumbuhan Bawang menjadi Usaha Keripik BawangCara memasarkan Kue Bawang

Karena peluangnya sangat baik dan persaingannya pun cukup ketat. Agar tetap bisa bersaing dengan usaha keripik lainnya, berikut ini strategi pemasaran usaha keripik yang dapat anda lakukan :

Memiliki keunikan

Buat produk keripik anda menjadi unik. Hal ini dimaksudkan agar keripik anda mudah diterima oleh masyarakat dan terlihat berbeda dari usaha keripik kompetitor. Keunikan bisa dibuat dari sisi kemasan, rasa atau promosinya.

Memperkenalkan merk

Agar merk cepat dikenal oleh khalayak luas ada baiknya untuk menggunakan media-media yang sudah tersedia seperti koran, majalah, ataupun selebaran dengan menggunakan spanduk, banner, brosur. Agar hasil komunikasi ini lebih efektif.

Begitu pula untuk spanduk dan brosur, pastikan ditempatkan pada lokasi yang banyak dilewati orang. Jangan lupa juga untuk memperkenalkan merk secara online melalui media sosial, seperti facebook, twitter dan instagram.

Mencari reseller yang tepat

Reseller disebut juga agen atau distributor. Reseller akan membantu memasarkan produk keripik anda. Pilih reseller yang memiliki jaringan luas atau tempat usaha yang sudah ramai dikunjungi banyak orang. Untuk pertama kali, biasanya para reseller akan meminta titip jual, atau dalam istilah marketing dikenal dengan sistem konsinyasi. Jadi anda tidak akan menerima bayaran reseller sebelum keripik yang anda titipkan itu laku. Jika keripik yang anda miliki benar-benar diminati pelanggan, maka reseller secara otomatis akan membeli produk keripik anda secara tunai.

Pelayanan maksimal

Pelayanan maksimal kepada para pelanggan atau bahkan calon pelanggan adalah penting. Di zaman sekarang, anda tidak bisa jika hanya mengandalkan promosi. Berikan pelayanan terbaik pada para reseller dan juga pelanggan. Selalu jaga kualitas produk dan hubungan baik. Pelanggan yang puas dengan produk kita secara otomatis akan menceritakan kabar baik tentang produk ke oranglain, sehingga angka penjualan keripik anda akan meningkat dengan sendirinya.

Cara Membuat Keripik Bayam Aneka Rasa Dengan Cara Yang Mudah

Cara Membuat Keripik Bayam Aneka Rasa Dengan Cara Yang Mudah

Cara Membuat Keripik Bayam Aneka Rasa – Cara Membuat Keripik Bayam Aneka Rasa – Bayam dibuat keripik? Mungkin buat orang yang belum mendengar keripik bayam akan terdengar aneh tak bisa dibayangkan.
Namun saat pertama menikmati kripik ini rasanya tak terlupakan krispi dan renyah. Tak kalah renyah dari keripik tempe. Keripik daun bayam ini merupakan inovasi olahan makanan dari bayam. Usaha keripik bayam berkembang cukup pesat karena peminatnya juga cukup banyak. Apalagi proses pembuatan keripik bayam juga cukup mudah.
Cara Membuat Keripik Bayam Aneka Rasa
Keripik bayam yang mengandung zat besi  menjadi salah satu kelebihan dan Manfaat keripik bayam dari Jenis keripik lainnya. Dan bisa menjadi cara alternatif untuk ibu-ibu yang anaknya kurang suka mengkonsumsi sayur-sayuran seperti bayam dll.
Saat ini Keripik bayam bisa temukan disupermarket dan toko makanan. Selain itu keripik bayam juga banyak di jajakan di daerah lokasi wisata sebagai oleh-oleh. Biasanya harga keripik bayam ditempat wisata lebih mahal. Anda bisa membuat keripik bayam sendiri dirumah. Berikut resep keripik bayam.

Bahan Membuat Keripik Bayam

– daun bayam lebar  20 lbr
– tepung beras   100 gr
– tepung kanji  25 gr
– santan  100 ml

Bumbu Membuat Kripik Bayam:

– bawang putih  3 siung
– kemiri  3 btr
– ketumbar  1/4 sdt
– kunyit  1 cm
– sdt garam  1/4

Cara membuat keripik bayam renyah:

  • Haluskan semua bumbu yang sudah disediakan, selanjutnya campurkan dengan  tepung beras, tepung kanji dan santan. Aduk hingga tercampur rata.
  • Celupkan daun bayam kedalam adonan bumbu dan tepung satu persatu.
  • Kemudian goreng dengan minyak yang cukup dan dengan api yang kecil sampai warnanya kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  • Simpan keripik bayam ke dalam toples kedap udara supaya keripik tetap renyah.
  • Dan terakhir keripik siap di nikmati dan dihidangkan dengan saus sambal pedas. Keripik bayam cocok sekali dijadikan cemilan saat santai bersama keluarga dan teman-teman buat ngobrol santai.
Agar hasilnya renyah dan tetap gurih gunakan minyak yang cukup banyak dan api sedang dan saat menggoreng.
Cara membuat Ubi Ungu menjadi Keripik Ubi Ungu Aneka Rasa Yang Bermacam-macam

Cara membuat Ubi Ungu menjadi Keripik Ubi Ungu Aneka Rasa Yang Bermacam-macam

Keripik Ubi Ungu Aneka Rasa – Ubi jalar ungu telah dikembangkan di Jepang dan gunakan di berbagai produk komersial, dan juga sebagai pewarna alami pangan dan minuman fermentasi. Warna ungu dari ubi jalar ungu berasal dari pigmen alami yang terkandung di dalamnya.

 

Keripik Ubi Ungu Aneka Rasa

 

Dalam 100 g ubi jalar ungu segar, kandungan antosianin yang ada di ubi jalar ungu lebih pekat 17 kali lebih tinggi dibandingkan dengan kadar antosianin ubi jalar ungu muda. Kandungan antosianin ubi jalar tergantung pada intensitas warna pada umbi. Semakin ungu warna umbinya, maka kandungan semakin tinggi.

Kelebihan lain dari ubi ini adalah kandungan vitamin B yaitu B6 dan asamfolat yang cukup banyak juga. Kedua vitamin ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan kerja otak sehingga daya ingat dapat dipertahankan. Ubi jalar kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, dan rendah kalori.

Hal ini sangat menguntungkan bagi penderita diabetes karena bisa mengontrol atau memperlambat peningkatan kadar gula dalam darah penderita.

Olahan Ubi Ungu menjadi Kripik Ubi Ungu

Ubi jalar ungu dengan mudah didapatkan di pasaran karena tanaman ubi banyak di budidayakan oleh masyarakat Indonesia. Pengolahan ubi jalar menjadi berbagai macam produk, antara lain Sirup, manisan kering ubi jalar, gorengan, mie ungu, selai, keripik, biskuit, yogurt, dan bakpao.

Pembuatan Kripik Ubi Ungu

Cara pembuatan keripik yaitu, pertama ubi jalar dicuci untuk menghilangkan tanah yang melekat pada kulitnya, kemudian dilakukan pengupasan, selama pengupasan ubi jalar yang telah dikupas direndam dalam air sampai pengupasan selesai.

Ubi jalar yang sudah bersih kemudian dipotong dengan ketebalan 1 – 2 mm, kemudian direndam dalam air kapur beberapa saat. tambahkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan dan diberi sedikit air untuk merendam sebagai bumbu agar rasanya gurih, bisa juga untuk memberi tambahan rasa manis pada hasil keripiknya dengan cara direndam dahulu dengan tambahan larutan gula dengan air sebelum di goreng.

Tiriskan potongan ubi ungu tersebut kemudian goreng pada minyak sawit hingga kering matang. Dinginkan dan tiriskan dari minyak goreng yang melekat maka keripik ubi ungu kini siap saji. Apabila akan disimpan maka masukkan pada tempat yang kedap udara seperti toples ataupun plastik tebal agar keripik ubi ungu bisa tahan lama.

Baca juga :

Cara Mengolah Ubi Menjadi Usaha Keripik Ubi yang MenghasilkanKeripik Ubi Ungu Aneka Rasa

Ini Dia Manfaat Bawang Dayak Kering Untuk Kesehatan Yang Sangat Luar biasa

Ini Dia Manfaat Bawang Dayak Kering Untuk Kesehatan Yang Sangat Luar biasa

Manfaat Bawang Dayak Kering – Bawang Dayak kering bisa ditemukan dengan mudah saat ini. Ada banyak penjual bawang dayak yang bisa anda temukan baik secara langsung maupun di sosmed ataupun online. Hal ini disebabkan karena saat ini banyak orang yang telah mengetahui manfaat bawang Dayak kering.

Bawang Dayak sendiri dikenal obat herbal yang bisa mengobati beragam jenis penyakit bahkan penyakit mematikan seperti kanker. Obat herbal ini sangat berkhasiat dan tidak membuat anda harus mengeluarkan uang banyak untuk membelinya.

Bawang Dayak sendiri bisa dikonsumsi dalam bentuk segar namun beberapa orang lebih senang dalam bentuk kering atau serbuk. Bawang Dayak yang telah kering tentu saja akan memberikan banyak keuntungan bagi anda.

Pertama, bawang dayak ini bisa disimpan dengan mudah karena bentuk yang kering. Kedua, bawang Dayak sangat mudah  untuk dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas. Ketiga, bawang Dayak yang kering akan lebih tahan lama ketimbang bawang Dayak segar yang mungkin saja bisa busuk dengan penyimpanan yang terlalu lama.

Lalu bagaimana cara membuat bawang Dayak dalam bentuk yang kering? Anda bisa menemukan informasinya di bawah ini.

Baca juga :

Apa Saja sih Khasiat Bawang Dayak Kalimantan yang Wajib Kalian Tahu?Manfaat Bawang Dayak Kering

 

manfaat bwang dayak kering

Proses Pengeringan Bawang Dayak

Bawang dayak kering tidak sembarangan bisa dibuat. Bawang Dayak ini harus melalui serangkaian proses dan tahapan pengeringan. Proses pengeringan bawang Dayak sendiri harus dilakukan dengan cara yang tepat dan cepat. Proses pengeringan juga harus memperhatikan suhu yang digunakan. Suhu untuk pengeringan bawang Dayak ini tidak boleh terlalu tinggi. Suhu yang terlalu tinggi justru akan merusak kandungan kimia yang ada pada bawang Dayak ini sendiri. Maka dianjurkan suhu untuk pengeringan yang paling ideal adalah 40 hingga 60 derajat celsius. Selain itu kandungan kadar air bawang Dayak kering ini adalah 10%.

Sebelum masuk proses pengeringan, bawang Dayak harus diiiris atau dirajang dengan ketebalan yang sama agar pengeringannya merata.

Kandungan Khasiat dan Harga Bawang Dayak Kering

Kandungan yang terdapat di bawang Dayak yang sudah dikeringkan sama persis dengan kandungan yang terdapat pada bawang Dayak yang masih segar. Artinya proses pengeringan terbukti tidak mengurangi khasiat yang terdapat pada bawang Dayak sendiri. Kandungan fitokimia tersebut adalah alkaloid, tanin, flavonoid, steroid, dan juga kuinon. Bawang Dayak bisa digunakan untuk beragam jenis penyakit bahkan bagi orang sehat juga di perbolehkan mengkonsumsinya.

Ini Dia Usaha Rumahan Yang Lagi Trend Di Kalangan Masyarakat Luas. Mau Mencoba?

Ini Dia Usaha Rumahan Yang Lagi Trend Di Kalangan Masyarakat Luas. Mau Mencoba?

Usaha Rumahan Yang Lagi Trend – Setiap saat ada aja inovasi produk dihasilkan orang-orang kreatif buat dijadiin peluang bisnis. Maka jangan heran kalau sekarang banyak bisnis yang gak biasa malah jadi trend dikalangan masyarakat luas. Berikut adalah usaha rumahan yang lagi trend.

Contohnya bisa dilihat di sekitar kita. Banyak banget bisnis yang dulunya biasa aja, eh sekarang jadi booming banget. Bahkan banyak orang pada ikut-ikutan bikin usaha serupa.

 

usaha rumahan yang lagi trend

Emangnya apa aja bisnis yang dulunya biasa aja tapi sekarang jadi trend? Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang patut dilirik di Indonesia.

1. Barbershop modern

Perbedaan antara pangkas rambut dulu dengan yang modern ini bisa dilihat dari pemilihan interior dan desain. Tempat pangkas rambut modern ini lebih artistik. Pemilihan kursi, cat tembok, ruang tunggu, ditata sedemikian rupa buat bikin pelanggan lebih betah dan nyaman.

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga sempat lho dicukur di tempat pangkas rambut modern di Kota Bogor beberapa waktu lalu.

Nah, kalau udah didatengin orang nomor satu di Indonesia, udah yakin deh peluang bisnis ini bakal positif dan lebih rame. Apalagi cowok-cowok zaman now ini udah mulai fashionable dan metroseksual banget ya kan?

Jadi gak usah nge-hire orang buat jadi pemangkas rambutnya. Makanya, ada baiknya kursus pangkas rambut dulu deh biar jago.

2. Bisnis waralaba

Bisnis waralaba atau franchise saat ini juga sedang digandrungi banyak orang. Waralaba menjadi peluang bisnis menggiurkan dengan modal yang cukup terjangkau.

Waralaba di bidang kuliner bisa dibilang usaha yang lagi trend. Usaha waralaba sebelumnya tidak terlalu dilirik orang buat dijadiin peluang bisnis. Tapi karena makin banyak yang sukses, sekarang banyak banget yang kepincut berbisnis waralaba ini.

Jika kamu tertarik ikutan berbisnis waralaba, baiknya pilih usaha waralaba yang mudah dijalankan sesuai kemampuan. Misalnya waralaba di bidang kuliner. Selain banyak konsumennya, usaha kuliner juga relatif mudah dijangkau oleh semua kalangan.

Katakanlah harga ayam per ekor yang dibeli dari Sabana Rp 28.000. Per ekor ayam bisa dibagi menjadi 8 potong dengan harga jual Rp 7.000.

Ini artinya kamu punya untung Rp 28.000 dari seekor ayam. Kalau misalnya per hari bisa habis 10 ekor, maka kamu bisa dapat Rp 280.000. Dan sebulan bisa meraup omzet Rp 8,4 juta.

Jika tertarik, mending buruan deh kamu cari lapak yang sekiranya strategis buat buka waralaba ini. Jangan lupa isi formulir aplikasi yang diberikan oleh pihak Sabana.

3. Bisnis kuliner kekinian

Selain waralaba, ada peluang bisnis lain yang lagi ngetrend juga, yaitu bisnis kuliner kekinian. Contoh bisnis kuliner kekinian yang lagi nge-hits, di antaranya martabak pizza, banana nugget dan olahan mangga.

Bisnis kuliner kekinian di atas bisa kamu jadikan inspirasi buat buka usaha. Karena orang lagi doyan-doyannya berburu jenis kuliner yang fresh dan unik.

Martabak pizza misalnya, bisa jadi bisnis yang lagi naik daun banget.

Estimasi omzet:

Misalnya penjualan pizza martabak per hari 20 buah, dengan harga jual per porsi adalah Rp 40.000. Omzet per hari = Rp 800.000

Artinya, dalam sebulan kamu bisa dapat omzet: 800.000 x 30 (hari) = Rp 24 juta. Itu baru perkiraan omzet ya, bukan laba. Untuk menghitung laba, kamu mesti menghitung juga biaya operasional tiap bulan. Oleh karena itu, baiknya tekan biaya operasional dulu seminim mungkin selama bulan-bulan awal supaya laba kamu besar.

Nah itulah beberapa peluang bisnis yang dulunya kurang dilirik orang. Sekarang bisnis-bisnis tersebut lagi trend. Ada baiknya kamu coba salah satunya. Kenapa? Karena kata pepatah, peluang tidak akan datang dua kali.

Baca juga :

5 Peluang Bisnis Rumahan Omset Besar dengan Modal yang KecilUsaha Rumahan Yang Lagi Trend