yuk.. kenali 4 aneka keripik unik yang ada di Indonesia

yuk.. kenali 4 aneka keripik unik yang ada di Indonesia

keripik merupakan jenis cemilan yang favorit oleh masyarakat, selain memiliki rasa yang gurih dan renyak ternyata sering dijadikan kudapan lauk makan dan buah tangan khas dari suatu daerah.

Di indonesia terdapat aneka keripik unik yang tak akan ditemui di negara manapun, berikut merupakan aneka keripik unik yang hanya ada di indonesia :

Keripik usus dan ceker

Salah satu dari aneka keripik unik ialah keripik yang berbahan dasar usus maupun ceker ayam. Keripik tersebut tidak akan ditemukan jika sedang melancong ke luar negeri, karena banyak yang menggangap sebagai limbah dan tidak layak konsumsi.

Keripik usus dan eker biasanya diolah menjadi berbagai macam makanan, baik sebagai menjadi olahan lauk dalam bentuk sate maupun baceman. Tetapi ternyata usus juga bisa di olah dalam bentuk keripik yang memiliki citarasa gurih yang sangat dominan.

Keripik gethuk

Dari berbagai macam aneka keripik unik, keripik khas magelang merupakan salah satunya. Keripik ini tebuat dari bahan gethuk yang merupakan oleh-oleh dari perbatasan langsung dengan Yogyakarta dan Magelang.

Keripik ini memiliki citarasa yang sangat mirip dengan keripik singkong, hanya berbeda pada teksturnya. Pada pengolahannya keripik singkong di buat dari singkong yang mentah akan tetapi untuk keripik gethuk lebih rumit.

Dikarenakan menggunakan singkong yang terlebih dahulu direbus hingga matang lalu ditumbuh hingga halus sampai menjadi adonan gethuk. Selanjutnya adonan tersebut di bentuk seperti gethuk.

Setelahnya di iris tipis-tipis untuk kemudian di jemur hingga kering baru di goreng untuk menjadi keripik.

Keripik bonggol pisang

Aneka keripik unik lainnya yaitu keripik bonggol pisang. Dalam pengolahannya keripik ini tak kalah rumit dengan keripik gadung.

Bonggol pisang merupakan bagian paling dalam yang ada di dalam batang pisang, bagian ini yang akan digunakan dalam bahan baku utama pembuatan keripik unik tersebut.

Dalam pengolahanya pertama bonggol pisang yang telah dikupas harus di cuci secara bersih dahulu sebelum kemudian di rendam dengan air kapus selama 1 malam.

Kegunaan di rendam dengan air kapus agar menghilangkan getah yang terdapat pada batang pohon tersebut. Jika getah tersebut tidak dihilangkan akan membuat keripik menjadi rasa pahit.

Setelah selesai direndam bonggol pisang langsung di potong secara tipis-tipis baru di cuci secara bersih. Selanjutnya bonggol pisang tersebut diberi bumbu campuran bawang dan rempah-rempah lainnya.

Lalu diamkan bonggol pisang yang telah di bumbui secara sebentar baru diberi tepung dan digoreng hingga kering dan renyah,

Keripik bonggol pisang ini bisa di temui jika sedang melancong ke daerah Yogyajarta, solo dan sekitarnya.

Keripik daun pegagan

Aneka keripik unik yang berada di indonesia adalah keripik daun pegagan. Daun pegagan atau orang jawa lebih mengenalnya “Godhing Rendeng” merupakan salah satu tanaman liar yang tumbuh diarea pematang sawah.

Daun ini biasanya dijadikan sebagai salah satu sayuran pelengkap dari pecel di berbagai daerah. Meskipun tumbuh secara liar ternyata sayuran ini memiliki khasiat bagi penderita TBC (Tuberculosis) dan bisa membuat awet muda.

Selain diolah sebagai pelengkap pada pecel, ternyata ada inovasi baru yaitu diolah sebagai keripik. Cara pengolahannya mirip dengan cara membuat bayam, tinggal di cuci daun pegagang secara bersih lalu campurkan dengan olahan tepung yang terbih dahulu di bumbui.

Setelah itu digoreng dengan api sedang hingga mateng dan siap untuk di hidangkan. Citarasa pad akeripik tersebut yaitu gurih dan renyah seperti dalam olahan keripik lainnya, hanya saja ada sedikit rasa pahit tetapi tidak berpengaruh mengingat khasiatnya yang baik bagi kesehatan.

keripik unik lainnya yang berasal dari indonesia ialah keripik bawang. Untuk mengetahui resep dalam pembuatan kripik bawang maka kunjungi link resep aneka keripik bawang

Comments are closed.