Analisa Usaha Martabak Mini Untuk Melihat Peluang Bisnisnya

Analisa Usaha Martabak Mini Untuk Melihat Peluang Bisnisnya

Analisa Usaha Martabak Mini – usaha kuliner yang saat ini masih banyak peminatnya adalah usaha martabak.  Martabak adalah salah satu cemilan yang sangat enak dan lezat. Makanan ini sangat disukai oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua.

Kuliner martabak merupakan sajian yang berasal dari timur tengah. Biasa ditemukan di Arab Saudi terutama di daerah Hijaz. Martabak terdapat pula di Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei. nama dan komposisi martabak pun dapat bervariasi. tergantung pada lokasinya.

Martabak ala Indonesia

Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak gurih yang terbuat dari campuran telur dan daging. Ada juga martabak manis atau sering kita kenal dengan terang bulan yang terbuat dari adonan tepung terigu dan coklat kacang.Martabak manis merupakan jenis kue biasa dinikmati pada saat santai sebagai camilan ringan.

Namun untuk menikmati makanan ini sedikit mahal karena kisaran harga yang berada diantara sepuluh ribu sampai dua puluh ribu. Namun seiring berjalannya waktu, para pecinta kuliner dan pelaku usaha kuliner menciptakan jenis martabak baru yaitu martabak mini.

Inovasi Martabak yang Diperkecil

analisa usaha martabak mini

Martabak ini berbentuk lebih kecil di bandingkan dengan martabak manis pada umumnya. Rasa martabak mini sama enaknya dengan martabak manis yang berbentuk lebih besar. Yang membedakan kedua produk adalah harga martabak mini lebih murah yaitu sekitar Rp.1.500 sampai Rp.2.000.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berbisnis Martabak Mini

Jika anda menggeluti usaha martabak mini, anda harus mengetahui cara membuat martabak mini, jenis jenis dan rasa martabak, analisa usaha martabak mini seperti pembelian peralatan dan perlengkapan, modal usaha, keuntungan menjual martabak dan juga anda harus mengetahui pemasarannya.

Analisa Usaha Martabak Mini sangat terbuka bagi anda yang ingin mendirikan usaha kuliner. Ini adalah contoh kelebihan martabak mini daripada martabak yang biasanya :

  1. Dengan ukuran yang kecil, memungkinkan konsumen bisa menikmati martabak dari berbagai variant rasa dengan harga yang lebih murah. Hal ini tidak berlaku untuk martabak yang berukuran besar.
  2. Seringkali martabak yang dibeli oleh konsumen terutama konsumen dengan jumlah anggota keluarga yang kecil, tidak dimakan habis alias masih tersisa. Dengan ukuran yang kecil konsumen bisa membeli martabak sesuai selera.
  3. Ukuran yang kecil cocok untuk konsumsi anak-anak, sehingga bisa dijadikan sebagai jajanan yang sehat dan bergizi. Terutama sebagai bekal sekolah atau jajanan di kantin sekolah.

Baca juga : Cara membuat kulit martabak yang gurih dan renyah

Cara Membuat Marabak Manis

Bahan untuk membuat martabak mini:

  • 250 gr tepung terigu
  • 200 gr susu bubuk
  • 1 sendok makan ragi instant
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gr gula pasir halus
  • 500 ml airmatang

Bahan untuk toping yang ditaburkan diatasnya:

  • mentega sesuai selera
  • coklat meses sesuai selera
  • keju cheddar perut sesuai selera
  • susu kental manis sesuai selera

Cara Membuat Martabak Mini :

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan martabak
  2. Masukkan tepung terigu, gula pasir, garam, ragi instant dan susu bubuk kemudian aduk sampai semuanya kalis.
  3. Masukkan telur yang sudah disiapkan kedalam campuran tepung
  4. Kocok dengan mixer sampai semuanya tercampur rata dan bertekstur lembut dan tidak menggumpal.
  5. Tuang air sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diaduk-aduk
  6. Panaskan cetakan martabak mini lalu tuang adonan kedalamnya
  7. Tunggu sampai adonan benar-benar matang
  8. Angkat lalu beri toping pada bagian atasnya dengan mengoles mentega terlebih dahulu kemudian taburi coklat meses dan keju parut
  9. Kucuri dengan susu kental manis dibagian atasnya
  10. Martabak mini siap disantap

Baca juga : Cara membuat roti kukus bolu yang enak dan lembut

Analisa Usaha Martabak Mini

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berbisnis Martabak Mini

Tempat Usaha

Hampir semua tempat bisa dijadikan lokasi untuk jualan martabak. Buktinya di berbagai pusat keramaian dan ruas jalan pasti akan ditemukan satu atau dua usaha kuliner martabak.

Agar mendapatkan tempat yang strategis, lebih baik survei tempat terlebih dahulu. Biasanya usaha kuliner martabak laris dijual di pasar, sekitar perumahan, kawasan perkantoran, tempat wisata, di mall atau pusat perbelanjaan.

Perlengkapan Usaha

Perlengkapan usaha standar yang harus dimiliki saat ingin membuka usaha kuliner martabak atara lain gerobak bagi yang berjualan kaki lima atau etalase bagi yang berjualan di kios, peralatan masak seperti kompor dan tabung gas, wajan datar dan spatula untuk menggoreng martabak telur, saringan minyak, dan loyang bulat untuk membuat martabak manis.

Promosi

Diawal usaha, Anda bisa melakukan promosi standar. Misalnya, dengan memasang spanduk, tidak hanya ditempat usaha, tetapi juga dibeberapa lokasi strategis didekat tempat usaha. Dan untuk menarik lebih banyak pembeli, Anda bisa menyebarkan leaflet di mal, pasar, dan perumahan di dekat tempat usaha.

Jika dirasa perlu maka anda bisa memasarkan produk martabak mini anda lewat media sosial. Media sosial memang terbukti ampuh untuk menarik pelanggan bahkan yang berdomisili jauh sekalipun

Resiko Usaha

Pesaing adalah resiko yang paling lumrah dihadapi usaha martabak. Oleh karena itu, saat survei lokasi usaha, carilah tempat yang belum banyak penjual martabaknya. Kalaupun sudah ada usaha martabak, usahakan pilih lokasi yang letaknya tidak berdekatan.

Biaya operasional / bulan

– Pembelian bahan baku = (Rp 100.000,. x 30 hari) = Rp 3.000.000
– Gas elpiji 3kg = (Rp 15.000,. x 10 ) =Rp 150.000
– Lain-lain = Rp 100.000
Jumlah keseluruhan = Rp 3.850.000,.

Pemasukan

Omset / bulan

(150 biji/hari x Rp 1500,-) x 30 hari Rp 7.200.000,.

Laba bersih / bulan

(Rp 7.200.000,. – Rp 3.850.000,. ) Rp 3.350.000,.

Selama sebulan anda sudah bisa mengantongi uang lebih dari Rp 3.000.000.

Itu tadi tentang analisa usaha martabak mini yang bisa anda jadikan patokan untuk bagaimana anda mengelola bisnis martabak mini anda. Semoga bermanfaat untuk anda sekalian.

Baca juga : Cara membuat siomay sederhana hanya dengan terigu saja

Comments are closed.