10 Keistimewaan Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

10 Keistimewaan Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Olahan buah kelapa yang lezat serta banyak ragamnya dan tidak hanya buah kelapa tua saja yang bisa di manfaatkan. Namun, buah kelapa yang masih muda juga mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita. Di pembahasan kali ini, yaitu 10 keistimewaan air kelapa untuk ibu hamil yang munkin kalian belum diketahui. Yuk kita simak bersama!

Apa saja sih manfaat air kelapa untuk ibu hamil?

Minum air kelapa muda untuk ibu hamil terbukti tidak berbahaya. Bahkan, ada banyak manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Itu juga kelebihan, lebih menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi air kelapa, dibandingkan minuman berkafein atau soda.

Nutrisi Dan Gizi Yang Terkandung Dalam Air Kelapa

Manfaat tersebut tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalam air kelapa. Nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Air kelapa adalah cairan isotonik yang menyegarkan yang kaya akan elektrolit, seperti klorida, potasium, magnesium, natrium, dan kalsium, sehingga baik untuk konsumsi saat hamil. Selain itu, air kelapa juga mengandung gula, karbohidrat, dan serat.

Kandungan nutrisi utama yang cukup penting, yaitu potasium dengan kadar 600 mg. Oleh sebab kesalahan, air kelapa dapat diandalkan sebagai salah satu jenis minuman elektrolit yang baik untuk tubuh. Bahkan air kelapa juga memiliki kandungan vitamin yang cukup beragam, seperti kandungan vitamin A, B6, B12, C, D, E, K, thiamine, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolim, dan juga betadine.

10 Keistimewaan Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

1. Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Hamil

Ibu membutuhkan kondisi tubuh yang harus tetap stabil. Oleh sebab itu, biasanya dokter akan menganjurkan untuk mengonsumsi air kelapa yang memiliki kandungan gizi tinggi, rendah karbohidrat serta lemak. Air kelapa juga berperan untuk menyeimbangkan suhu tubuh agar tetap dalam kondisi yang stabil.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan asam larut dalam air kelapa mengandung zat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Ibu hamil yang mengonsumsi air kelapa secara otomatis memperoleh pertahanan sistem kekebalan tubuh yang baik dari serangan penyakit berbahaya.

3. Mencegah dan Mengobati Kram Kaki

Air kelapa muda untuk ibu hamil juga dapat mencegah dan mengobati kram kaki. Dalam satu batok air kelapa muda setidaknya mengandung 4.700 mg kalium. Zat ini berperan untuk mengatasi kondisi kram di bagian kaki yang sering dialami oleh ibu hamil.

4. Berfungsi sebagai Penawar Racun

Air kelapa juga memiliki asam lauric yang dapat bekerja melawan racun yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh ibu hamil pun selalu sehat dan terbebas dari racun.

5. Memperlancar Pencernaan

Serat yang terdapat dalam air kelapa sangat ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan pada ibu hamil, termasuk saat terjadi sembelit. Terlebih lagi, ibu hamil memang sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan ketika memiliki masalah pencernaan.

Sembelit wajar terjadi pada ibu hamil di usia kehamilan awal karena adanya proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, air kelapa juga mengandung aosigen, sebagai nutrisi yang sangat mudah diserap oleh ibu hamil.

6. Mencegah Dehidrasi

Tak hanya berkhasiat untuk menghilangkan dahaga, minum air kelapa juga sangat membantu untuk mencegah ibu hamil terkena dehidrasi. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan elektrolit di dalamnya.

7. Menghindarkan dari Infeksi Saluran Kemih

Beberapa penelitian memaparkan bahwa mengonsumsi air kelapa dapat mencegah infeksi salurah kemih pada wanita hamil. Meski demikian, hasil studi ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

8. Menggantikan Elektrolit

Mual muntah yang kerap dialami oleh ibu hamil muda dapat mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit. Air kelapa kaya akan elektrolit, sehingga dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang.

9. Membantu Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil selanjutnya adalah membantu mencegah infeksi saluran kemih. Ya, penelitian menemukan bahwa konsumsi air kelapa dapat menurunkan risiko infeksi saluran kemih pada ibu hamil.

10. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Menurut sebuah penelitian, kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu mencukupi kebutuhan kalium harian yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menemukan banyak manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Selain itu, manfaat air kelapa untuk janin juga bisa dirasakan manfaatnya. Meski demikian, saat mengonsumsi air kelapa, pilihlah yang segar, bersih, dan berwarna hijau.

 

Nah, itu dia 10 keistimewaan air kelapa untuk ibu hamil. Semua pembahan di atas cukup mudah di lakukan bukan? Saat akan mengonsumsi kelapa kita tidak memerlukan alat atau mesin khusus untuk kelapa tersebut. Mari kita gunakan buah kelapa untuk kegunaan yang bermanfaat bagi semua orang dan bisa menjadi solusi untuk obat suatu penyakit. Sekian Terima Kasih.

Comments are closed.