Cara Membuat Kerupuk Rambak Tapioka Gurih Nikmat Dan bergizi

Cara Membuat Kerupuk Rambak Tapioka Gurih Nikmat Dan bergizi

Cara membuat kerupuk rambak tapioka bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang menggeluti dunia bisnis. Kerupuk rambak ini terbuat dari bahan kulit, karena dibuat dengan bahan tepung.

Kerupuk ini juga menjadi makanan favorit yang digemari dan sudah akrab dengan lidah masyarakat indonesia.

kerupuk-rambak

Bahan-Bahan Pembuatan Kerupuk Rambak Tapioka

  • 1 gelas tapioka
  • 1 gelas terigu
  • 1 gelas air
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar
  • 6 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Penyedap
  • Royco

Cara Pembuatan Kerupuk Rambak Tapioka

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka.
  2. Kemudian masukkan terasi, bawang putih (dihaluskan), garam halus, soda kue, dan penyedap rasa sambil ditambah air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan.
  3. Setelah adonan tercampur rata, lalu dikukus selama kurang lebih 45 menit.
  4. Setelah dikukus, angkat dan tiriskan dan masukan kedalam tempat bersih sampai adonan dingin.
  5. Apabila adonan sudah dingin, selanjutnya diiris tipis dan dijemur dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  6. Kemudian setelah kering, kerupuk dapat digoreng dalam minyak panas, lalu diangkat kerupuk rambak tapioka siap untuk dijual ataupun dikonsumsi sendri.

Manfaat Kerupuk Rambak Bagi Kesehatan

1. Menyembuhkan Maag

Salah satu paling penting dari kerupuk rambak ialah bisa menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag.

Jadi, apabila anda sering mengalami gejala magh, cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk rambak setiap gejala tersebut muncul.

Hal ini terbukti, mengkonsumsi kerupuk rambak, maka rasa sakit dan juga perih pada lambung akibat dari serangan maag hilang dan teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat.

2. Sebagai Camilan Dan Teman Makan

Ini salah satu manfaat dari kerupuk rambak yang cocok dengan masyarakat indonesia. Kerupuk rambak sering  dimanfaatkan sebagai camilan dan juga teman makan.

Rasa yang gurih dan juga renyah bisa meningkatkan nafsu makan dan juga dapat dibuat segala jenis makanan menjadi lebih nikmat untuk disantap.

3. Mengobati Rasa Pedas

Apabila kalian sedang makan sesuatu yang pedas dan kalian kepedasan dan tidak kuat menahannya, dari pada minum air hingga merasa kembung, baiknya anda coba untuk mengkonsumsi kerupuk rambak ini.

Kerupuk rambak kandungan minyak yang sangat tinggi.

4. Tinggi Akan Kandungan Protein

Kerupuk rambak ini salah satu prodak hewani. Salah satu kandungan gizi yang penting, yang ada pada makanan kerupuk rabak ini kandungan protein yang tinggi. Anda dapat memperoleh protein dengan mengkonsumsi kerupuk rambak.

Protein sendiri mempunyai banyak sekali manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

5. Baik Bagi Kesehatan Dan Pertumbuhan Tulang

Ternyata kerupuk rambak ini bisa membantu menjaga kesehatan tulang, serta membantu proses pertumbuhan tulang.

Hal ini disebabkan karena kerupuk kulit memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi untuk tubuh manusia.

Hal ini sangat baik untuk kesehatan  tulang kita, dan juga baik bagi remaja yang masih berada di dalam masa pertumbuhan.

Peluang Usaha Kerupuk Rambak Tapioka

Kerupuk rambak! Anda pasti pernah mencicipi kerupuk yang satu ini? Kerupuk rambak merupakan salah satu jenis kerupuk yang lama dikenal masyarakat sebagai jenis kerupuk bercita rasa sangat lezat.

Kerupuk rambak sering menjadi teman untuk makan nasi, bakso, soto, mie ayam serta makanan lainnya. Penggemar kerupuk rambak sangat banyak, mulai anak kecil hingga orang dewasa.

Kerupuk rambak di kenal sebagai salah satu jenis kerupuk yang dibuat dengan bahan kulit sapi. Ras kerupuk rambak juga sangat gurih. Lezat dan tekstur sangat renyah.

Selain dibuat menggunakan bahan kulit sapi, kerupuk rambak ini juga dapat dibuat dengan tepung tapioca. Kerupuk rambak yang satu ini sering dijumpai di berbagai rumah makan dan warung yang popular dengan sebutan kerupuk rambak tapioka.

Cara Membuat Keripik Pisang Kepok Gurih Dan Sederhana

Cara Membuat Keripik Pisang Kepok Gurih Dan Sederhana

Resep cara membuat keripik pisang kepok. Apakah anda tahu buah pisang kepok ? Saya yakin anda semua tidak hanya tahu buah pisang, akan tetapi saya yakin anda semua pernah memakannya.

Apakah kalian tahu kalau kulit pisang bisa dijadikan keripik. Yaa, kulit pisang bisa dijadikan keripik yang sangat enak dan gurih.

Ingin tahu cara membuat kerupuk kulit pisang gurih dan sederhana ? simak ulasannya.

Bahan-bahan Untuk Membuat Keripik Kulit Pisang Kepok

  • Kulit pisang kepok
  • Air kapur sirih
  • Garam
  • Gula
  • Tepung tapioka
  • Bawang putih

Peralatan Yang Di Butuhkan Untuk Membuat Keripik Pisang Kepok

  • Blender
  • Panci
  • Kukusan
  • Penggorengan
  • Penampan

Proses Pembuatan Keripik Pisang Kepok

  1. Pilih kulit pisang yang baik,  kemudian cuci bersih lalu rendam dalam air kapur sirih untuk menghilangkan noda-noda hitam dan getahnya.
  2. Blender kulit pisang yang telah direndam air kapur selama beberapa menit.
  3. Haluskan bumbu (bawang putih dan garam) lalu campurkan dengan hasil blenderan kulit pisang dan tambahkan tepung tapioka.
  4. Uleni adonan tersebut sehingga tercampur rata, lalu masukkan ke dalam plastik silinder, selanjutnya dikukus hingga matang.
  5. Setelah matang, iris tipis-tipis lalu diatas penampan untuk dijemur.
  6. Setelah kering kerupuk siap digoreng.

Peluang Usaha Keripik Kulit Pisang Kepok

Buah pisang kepok memiliki kandungan berbagai zat yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat buah pisang kepok yang sangat besar membuat buah ini sering dikonsumsi masyarakat sebagai makanan, minuman serta camilan.

Selain itu buah pisang kepok kerap diinovasikan dalam berbagai makanan dan minuman yang tentunya menuguhkan rasa yang sangat lezat. Taukah kalian ternyata buah pisang bukan hanya bermanfaat buahnya saja.

Buah pisang ini juga bermanfaat di bagian kulitnya. Kulit buah pisang yang sangat begitu dimanfaatkan masyarakat ternyata menyimpan banyak manfaat yang tentu membuatnya lebih bernilai.

Jika selaman ini buah pisang sering dianggap limbah dan hanya dijadikan untuk makanan ternak, namun kini buah pisang dapat dimanfaatkan untuk dibuat menjadi camilan lezat dan tergolong sangat unik.

Kulit buah pisang dapat dapat dijadikan olahan keripik yang bercita rasa lezat dan sangat menggoda. Kerupuk kulit pisang bukan berarti tidak memiliki nilai gizi dan nutrisi, kulit pisang menyimpan berbagai protein, vitamin C, B dan juga kalsium.

Dari berbagai penelitian yang ada telah menjukkan kulit pisang memiliki manfaat yang mampu menjaga kesehatan retina mata serta mengurangi gejala defresi. Olahan kerupuk kulit pisang yang terbilang unik menyuguhkan rasa nikmat juga manfaat yang bagus bagi tubuh.

Manfaat kulit pisang yang dapat dikonsumsi masyarakat dalam bentuk kerupuk kulit pisang. Hal ini tentu saja membuat sebuah peluang bisnis baru yang sangat menjanjikan. Kulit pisang yang selama ini tidak dimanfaatkan orang ternya menjadi suatu hal baru.

Prospek Dalam Menjalankan Usaha Keripik Kulit Pisang Kepok

Prospek saat menjalankan usaha kerupuk kulit pisang dapat dikatakan sangat bagus juga nampak cemerlang.

Usaha yang menjual camilan kerupuk kulit pisang unik dan baru dengan rasa yang menyatu dengan lidah masyarakat indonesia memang berprospek cukup bagus apabila dijalankan diberbagai daerah indonesia.

Dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi membuat olahan kerupuk kulit pisang masih terbilang baru namun antusias masyarakat akan usaha kerupuk kulit pisang ini sangat besar.

Hal ini dapat dilihat saat berjualan kerupuk kulit pisang banyak sekali konsumen yang berdatangan. Sehingga prospek usaha keripik kulit pisang sangat bagus dan cemerlang. Pilihan usaha keripik kulit pisang tentu dapat diambil sebagai bisnis berprospek tinggi.

Harga Jual Keripik Kulit Pisang Kepok

Patokan harga untuk kerupuk kulit pisang kepok dapat anda buat dalam hitungan per kemasan dimana kerupuk kulit pisang kepok yang unik, enak dan menawan dapat dibanderol dalam kisaran harga mulai Rp 7.000 hingga Rp 10.000.

Tempat Strategis Dalam Berjualan Keripik Kulit Pisang Kepok

Untuk menjual kerupuk kulit pisang, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai banyak orang. Usaha kerupuk kulit pisang dapat dijajakan dengan memilih tempat yang berlokasi ramai dengan banyak orang berlalu lalang.

Anda bisa menjalankan usaha kerupuk kulit pisang ini dengan cara menitipkan produk kerupuk kulit pisang langsung ke toko, warung, supermarket, kantin, kios dan lainnya.

 

 

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras

Jika kamu takut dengan jajanan diluar, maka bisa mencoba untuk membuat sendiri camilan di rumah. Kamu bisa mencoba untuk membuat keripik singkong pedas yang renyah. Lalu bagaimana cara membuat keripik singkong pedas ini ?

keripik singkong renyah

Bahan Keripik Singkong Pedas

  • Singkong ukuran sedang 600 gram
  • Air kapur sirih 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 750 ml
  • Minyak untuk menggoreng 1 liter

Bahan Bumbu Balado Keripik Singkong Renyah

  • Bawang merah ditumbuk kasar 5 butir
  • Cabai merah besar ditumbuk kasar 5 buah
  • Cabai merah keriting ditumbuk kasar 5 buah
  • Daun salam 2 lembar
  • Garam 1 1/2 sendok teh
  • Gula merah sisir 50 gram
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Air asam jawa 1 sendok makan
  • Air 2 sendok makan
  • Minyak untuk menumis 3 sendok makan

Cara Membuat Keripik Singkong Balado

  1. Merendam singkong dalam larutan garam, air kapur sirih, dan air. Mendiamkannya selama 15 menit, kemudian cuci bersih dan tiriskan.
  2. Menggoreng dalam minyak yang telah dipanaskan di atas api sedang hingga matang dan kering, lalu angkat dan sisihkan.
  3. Menumis bawang merah, daun salam, dan cabai hingga berbau harum.
  4. Memasukkan gula merah, gula pasir, air asam jawa, dan garam. Mengaduk hingga kental.
  5. Menambahkan singkong goreng sampai terbalut rata.
  6. Kentang goreng pedas siap disajikan.

Tips Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

  1. Sebaiknya pilih singkong yang masih muda. Banyak orang mengira singkong yang tua adalah yang terbaik. Akan lebih baik singkong yang berumur 3 bulan kebawah dipilih karena bisa menghasilkan keripik lebih renyah dan tidak keras.
  2. Penting untuk pilih singkong yang segar. Ciri-cirinya adalah tanah yang masih menempel pada kulit, pangkalnya masih terlihat putih.
  3. Untuk menghasilkan tekstur renyah, maka sebaiknya diamkan di campuran garam dan air rendaman kapur sirih selama 10-15 menit. Setelahnya, angkat dan bilas berish.
  4. Tips cara membuat keripik singkong renyah lainnya adalah dengan merendam dengan air panas dan soda kue. Lalu biarkan hingga air menjadi lebih dingin.
  5. Ketika menggoreng sebaiknya gunakan minyak suhu sedang di fase pertama. Saat fase kedua, gunakan suhu sedang dan fase ketiga gunakan panas maksimal. Cara ini akan memberikan keripik singkong yang renyah.
  6. Agar keripik singkong tahan lama, maka sebaiknya tiriskan setelah digoreng. Hal ini agar keripik tidak lembek.
Cara Membuat Seblak Kering Yang Pedas Dan Gurih

Cara Membuat Seblak Kering Yang Pedas Dan Gurih

Seblak kering adalah satu dari beberapa varian jajanan seblak yang dapat kamu nikmati sebagai cemilan pedas renyah. Bumbu berasa pedas adalah perpaduan yang tak bisa dipisahkan dari seblak baik seblak kering ataupun seblak basah.

Rasa pedas ini justru yang menjadikan sensasi tersendiri dalam menikmati seblak sehingga jika dibuat tanpa campuran bumbu pedasnya akan berasa ada yang kurang.

Baik seblak basah atau kering, keduanya sama-sama menggunakan bahan dasar kerupuk. Kerupuk yang dipilih bisa berupa udang atau kerupuk bawang.

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Yang Gurih Renyah Dan Pedas

Bahan-bahan membuat seblak kering :

1. Kerupuk bawang 1 ons

2. Bawang putih 1 siung

3. Bawang merah 2 siung

4. Kencur 1 ruas

5. Penyedap rasa

6. Cabe rawit sesuai selera

7. Minyak goreng

Cara membuat seblak kering :

1. Cara pertama adalah dengan menghaluskan bumbu seperti halnya bawang merah dan juga bawang putih, kencur dengan cara ditumbuk atau bisa pula cara modern dengan cara dihaluskan menggunakan blender

2. Selanjutnya, panaskan minyak 2 hingga 3 sendok pada wajan untuk keperluan menumis bumbu nantinya.

3. Jika minyak sudah panas, maka kamu bisa memasukkan bumbu- bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya ke dalam wajan.

4. Masukkan kerupuk bawang mentah dan aduk secara merata agar bumbu dan kerupuknya bisa lebih menyatu.

5. Aduk-aduk hingga kerupuk bawang merekah.

6. Selanjutnya tambahkan penyedap rasa lalu aduk secara merata. Pastikan jangan sampai kerupuk gosong.

7. Jika sudah matang, maka kamu bisa mengangkat dan mulai menghidangkannya.

8. Simpan pada toples yang tertutup rapat

9. Jika ingin rasa yang berbeda kamu bisa menambahkan bumbu bubuk seperti rasa keju, barbeque, rumput laut dan lain sebagainya yang banyak dijual di supermarket.

Contoh Analisa Usaha Kerupuk Seblak Kering

Latar Belakang Usaha

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah dengan mendapatkan sumber makanan. Dalam kegiatan memproduksi makanan seorang produsen harus mempunyai daya analisa yang tinggi yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen.

Untuk mendapatkan konsumen seorang pengusaha makanan harus memiliki strategi pemasaran agar usaha yang dijalankan dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Analisa Peluang Usaha

Menganalisa peluang usaha sangat penting dalam melakukan pemasaran karena seorang wirausaha harus bisa mengidentifikasi apakah produk yang dipasarkan sesuai dengan daerahnya atau tidak.

Kerupuk seblak kering ini merupakan makanan yang sangat dinikmati oleh semua orang baik dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. karena camilan ini merupakan camilan yang sangat terjangkau dan banyak dinikmati oleh konsumen.

Jenis Produk

Produk yang dibuat adalah kerupuk seblak kering pedas gurih. Jenis produk yang akan dibuat yaitu sejenis makanan gurih yang disukai masyarakat setempat, dan produk yang telah jadi akan dipasarkan di pasar tradisional dan warung terdekat.

Strategi Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pendistribusian barang kepada konsumen. Kegiatan pemasaran merupakan aspek terpenting dalam melakukan kegiatan usaha.

Untuk pemasaran kerupuk seblak kering pedas dan gurih ini bisadi pasarkan di sekitar rumah. Selain itu produsen juga dapat menjualnya dengan memilih lokasi penjualan yang strategis yang mudah dijangkau oleh konsumen.

Target Pemasaran

Target pemasaran merupakan suatu motivasi bagi perusahaan untuk mempermudah sarana atau tempat yang luas. Target pemasaran akan dilakukan apabila pemilih usaha dengan ditetapkan segmentasi pasar dan target pemasaran.

Perusahaan tersebut dapat mengembangkan produknya disetiap sasaran pasar. Target pemasaran sangat berperan penting bagi usahanya.

Demikian sedikit penjelasan yang berkaitan dengan peluang usaha kerupuk seblak kering pedas gurih dan contoh analisa usahanya.

Cara Membuat Pangsit Rebus Enak Dan Bergizi

Cara Membuat Pangsit Rebus Enak Dan Bergizi

Pangsit rebus camilan satu ini cocok banget dimakan kapanpun dan bareng siapapun.

Bahan Isian Pangsit :

  •  150 gr ayam giling
  • 150 gr udang kupas, cincang
  • 1 sdm putih telur ayam
  • 2 batang daun bawang, ambil putihnya, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt minyak wijen
  • garam dan merica secukupnya
  • kulit pangsit, siap pakai
  • Putih telur ayam (sisa bahan isi untuk merekatkan kulit pangsit)

Cara membuat :

1. Campur dan aduk rata semua bahan kecuali kulit pangsit.

2. Ambil 1 lembar kulit pangsit dan beri adonan isi kemudian lipat dan rekatkan dengan putih telur agar tidak terbuka lipatan nya.

3. Siapkan mangkuk saji dan beri minyak bawang putih goreng, kecap asin, garam dan merica secukupnya tergantung banyaknya jumlah pangsit.

4. Rebus pangsit dalam air mendidih. Sesudah pangsit matang/ mengapung maka angkat dan tiriskan.

5. Masukkan pangsit ke dalam bumbu yang sudah disiapkan di mangkuk saji. Aduk rata saat msh panas. Siap disajikan dengan topping sesuai selera.

Tips Agar Kulit Pangsit Tidak Gagal

1. Siapkan Bahan-Bahan

Seperti yang kita ketahui, bahan utama untuk membuat kulit pangsit adalah tepung terigu. Tapi, tidak semua tepung terigu bisa digunakan.

Agar adonan kulit pangsit anda bagus, pastikan untuk menggunakan tepung terigu protein tinggi.

Selanjutnya, anda bisa menyiapkan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, merica bubuk, garam, baking powder, minyak sayur, dan air panas.

2. Campurkan semua bahan dengan tepat

Saat membuat adonan kulit pangsit, anda tidak bisa mencampur semua bahan sekaligus. Pertama-tama, campur semua bahan kering dan aduk sampai merata di dalam wadah kering.

Setelah itu, lubangi bagian tengah tepung sampai berbentuk cekung. Lalu tuangkan minyak sayur dan air panas. Aduk hingga adonan kalis dan tidak terasa lengket.

Meski begitu, usahakan untuk tidak menguleni adonan kulit pangsit terlalu lama, karena hal tersebut hanya akan membuat adonan kulit pangsit anda keras dan terlalu kenyal.

3. Diamkan kulit pangsit selama beberapa saat

 

Hal tersebut bertujuan agar adonan kulit jadi lebih lemas sehingga mudah dibentuk. Pastikan adonan dibentuk bulat terlebih dahulu sebelum disimpan.
Sambil menunggu, anda bisa membuat isian kulit pangsit sesuai selera.

4. Giling dan cetak kulit pangsit

Setelah menunggu 10-20 menit, keluarkan adonan kulit pangsit tadi dan bagi menjadi beberapa bulatan yang lebih kecil, lalu giling. Anda bisa menggiling secara manual.

Atau jika ingin lebih praktis dan ukuran yang rata, anda bisa menggilingnya dengan menggunakan mesin penggiling mie, sampai mendapatkan ketebalan adonan yang diinginkan.

Setelah itu, potong adonan dengan ukuran segiempat 5×5 cm atau sesuai kebutuhan.

5. Masak kulit pangsit sesuai selera

Setelah semua kulit pangsit selesai dipotong, anda tinggal memasukkan isiannya di tengah-tengah kulit pangsit, bentuk sesuai selera, dan rekatkan ujung kulit dengan air agar menyatu.

Setelah semua kulit pangsit selesai dibuat, lumuri permukannya dengan tepung terigu agar tidak lengket, lalu anda bisa menggoreng, merebus, atau mengukus pangsit anda sesuai selera.

Cara Mudah Mengolah Kulit Sapi Agar Empuk

Cara Mudah Mengolah Kulit Sapi Agar Empuk

Kikil atau kulit sapi yang telah dibersihkan bulunya memang dikenal alot dan susah dimakan, namun rasanya enak dan kandungan proteinnya tinggi sehingga sekalipun alot, kulit sapi tetap dimasak menjadi makanan bagi sebagian masyarakat indonesia.

Cara Mengolah Kikil Sebelum Dimasak

1. Rendam Untuk Menghilangkan Bau Amis Dan Lendir

Siapkan sebuah panci dan isi dengan air bersih. Didihkan air, matikan api, dan masukkan potongan kikil satu per satu. Proses rendaman dilakukan untuk menghilangkan bau amis dan lendir.

Jika anda tak punya banyak waktu, rendam selama 20 menit saja sudah cukup. Setelah selesai, tiriskan potongan kikil lalu siram di bawah air bersih yang mengalir.

2. Menghilangkan bulu

Ketika membeli kikil mentah, ada yang sudah bersih tapi ada juga yang masih menempel sedikit bulunya. Tentu anda tak mau makan bulu, kan? Oleh karena itu, bulu-bulu tersebut perlu dihilangkan.

Anda bisa lakukan sebelum atau sesudah merendam, tapi kalau tak tahan dengan bau amisnya, maka lakukanlah setelah rendaman pertama. Ternyata, memang ada untungnya mengerok bulu setelah merendam.

Anda bisa mengeroknya dengan lebih mudah karena pori-pori kulit sapi terbuka setelah dicelupkan ke air panas. Oh ya, kalau anda tak suka lemak yang ada di kikil, boleh juga dibersihkan dalam tahap ini.

3. Rebus untuk mengempukkan

Kali ini, kikil direbus agar empuk. Merebus kikil memerlukan waktu kurang lebih 2-3 jam dengan panci biasa.

Caranya, siapkan panci dengan air baru. Jangan gunakan air untuk rendaman karena bau amis akan kembali ke dalam kikil. Didihkan air dan masukkan potongan kikil. Tunggu hingga beberapa jam ke depan.

Selama merebus anda bisa masukkan rempah, lho. Bisa dipilih antara jahe, daun jeruk, lengkuas, atau serai.

Proses merebus yang saya jelaskan di atas bisa sekaligus untuk mengungkep kikil. Biasanya mengungkep dilakukan kalau anda mau buat kikil goreng atau kikil bacem.

Setelah diungkep/direbus, kikil bisa langsung digoreng atau dibacem karena bumbunya sudah cukup meresap. Nah lain hal kalau anda mau buat tumisan atau semur, kikil hasil rebusan kemudian ditiriskan dan siap untuk dimasak selanjutnya.

Memasak kikil

Kalau dimasak dengan benar, kikil rasanya sangat enak. Tekstur kenyalnya cocok dipadukan dengan rasa manis, gurih, maupun pedas.

Nah, kalau saat direbus masih ada sedikit bau amis, anda bisa coba menghilangkannya secara total dalam tahap membumbui.

Karena ingin menghilangkan bau amis, anda bisa gunakan rempah beraroma  seperti bawang putih atau yang asam seperti air jeruk nipis atau lemon.

Kalau sudah sampai tahap ini, anda bebas memasak kikil sesuka hati. Tanpa diungkep, kikil bisa langsung dicampurkan ke dalam masakan anda.

Beberapa inspirasi untuk masak kikil antara lain soto mie, mie kocok bandung, oseng-oseng mercon, semur kikil, gulai kikil, dan nasi goreng kikil ala ResepKoki. Pokoknya mau direbus, digoreng, atau disemur, semuanya enak!

Bagaimana tips di atas? Tidak terlalu sulit, bukan? Selama bau amis dan lendir sudah hilang, kikil dapat dikreasikan dalam berbagai masakan.

Meskipun cukup berlemak, di balik itu protein kikil cukup tinggi, lho! Asal jangan terlalu sering, ya. Yang berlebihan tentu tidak baik, bukan?

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa Gurih Dan Sederhana

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa Gurih Dan Sederhana

Resep keripik pisang pada awalnya memang sederhana sekali karena camilan ini adalah camilan sederhana rakyat.

Mekanisme pengolahan camilan kripik pisang juga sangat sederhana, namun saat ini pengolahan resep keripik pisang sudah mengalami evolusi karena bentuk dari cita rasa yang ditawarkan semakin beragam dan selalu bertambah variasinya setiap tahun.

Ada beberapa alasan yang menjadikan kripik pisang masih menjadi makanan ringan favorit masyarakat diantaranya buah pisang yang dikenal memiliki sumber vitamin dan manfaat serat alami menjadikan makanan ringan keripik pisang adalah cemilan yang memiliki daya guna bagi kesehatan.

Pada resep keripik pisang originalitas bahan baku pisang adalah sembilan puluh persen dari komposisi utama camilan sedangkan yang sepuluh persennya adalah bahan tambahan ataupun bumbu pendamping, sehingga manfaat pisang dalam cemilan ini masih lebih tinggi sehubungan dengan prosentase komposisi bahan pembentuk tadi.

Dengan melimpahnya bahan baku pisang di Negara kita ini menyebabkan harga bahan baku pisangpun cenderung akan selalu terkendali walaupun ada kalanya fluktuasi harga di pasar akan selalu terjadi.

Pengaruh dari ketersediaan bahan baku ini membawa dampak utama bagi harga jual makanan olahan yang menggunakan bahan baku pisang ini khususnya resep keripik pisang.

Faktor harga tersebut adalah acuan utama bagi kemampuan daya serap pasar makanan ringan.

Bahan Untuk Resep Keripik Pisang Original

  • Pisang Mentah (Kepok, Nangka, Tanduk).
  • Garam 10 g/Kg.
  • Minyak Goreng.
  • Natrium Metabisulfit 0,05 %.
  • Kapur sirih.

Peralatan Produksi Resep Keripik Pisang

  • Pisau dapur.
  • Perajang Keripik (Slicer Stainless Steel).
  • Alat Penggorengan Manual.
  • Nampan dan wadah wadah untuk menampung bahn mentah serta matang.
  • Toples ataupun plastik untuk mengemas.

Cara Pembuatan Keripik Pisang Original

  • Pisang dikupas bagian kulitnya
  • Buah pisang diiris tipis-tipis dengan pola yang diinginkan menggunakan pisau atau slicer.
  • Irisan pisang direndam menggunakan larutan metabisulfit, kapur sirih jika ada untuk menghambat perubahan warna pada bahan baku irisan (pencoklatan).
  • Daging buah ditiriskan lalu dilakukan penggorengan.
  • Penggorengan dilakukan menggunakan minyak goreng (sawit), buah pisang dimasukan ke penggorengan satu-persatu.
  • Setelah kering dan berubah warna menjadi kuning keemasan, pisang kemudian ditiriskan dan ditunggu hingga dingin.

Resep Keripik Pisang Asin : Untuk mengolah keripik pisang asin, setelah proses penggorengan ditambahkan garam halus dan ditaburkan secara merata pada keripik sebanyak lima puluh gram per lima kilogram keripik pisang matang.

Resep Keripik Pisang Salut Gula : Resep menghasilkan keripik pisang manis adalah menggunakan gula pasir. Diperlukan gula pasir lima ratus gram dan garam lima belas gram dimasak dalam air empat ratus mili liter, gunakan api kecil untuk melarutkan ketiga bahan tersebut setelah agak mengental masukkan keripik pisang sebanyak dua setengah kilogram aduk hingga lelehan gulanya merata pada sekeliling keripik, kemudian biarkan mongering (mengeras).

Resep Keripik Pisang Salut Gula Merah : Pembuatan resep yang satu ini sama dengan yang diatas hanya perbedaannya gula pasir diganti dengan gula merah, untuk takaran dan cara pengolahannya masih tetap sama.

Resep Keripik Pisang Bumbu Pedas Manis Tabur : Siapkan lima puluh gram gula halus, sepuluh gram cabe bubuk (takaran sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan) dan lima belas gram garam halus, taburkan secara merata pada dua setengah kilo keripik pisang yang sudah matang.

Resep Keripik Pisang Pedas Manis Balado : Untuk resep yang satu ini bahan tambahannya agak sedikit banyak, lebih detailnya bisa baca di “Keripik Pisang Pedas Manis Balado”.

Resep Keripik Pisang Salut Coklat : Bubuk coklat sebanyak dua ratus lima puluh gram, gula pasir lima ratus gram, garam lima belas gram dan air lima ratus mili liter, dimasak dengan api kecil hingga mengental kemudian dicampurkan dengan keripik pisang matang hingga merata dan dinginkan hingga coklatnya mengeras.

 

Resep Klapertart Enak Dan Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Resep Klapertart Enak Dan Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Resep klapertart manado yang akan saya bahas kali ini merupakan salah satu resep makanan khas indonesia walaupun sebenarnya makanan ini adalah makanan pendatang.

Resep klapertart manado merupakan kue semacam custard yang jika dimakan akan meleleh di mulut dan mempunyai rasa yang manis legit dan gurih dari kelapa.

Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado.

Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang.

Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi. Ada pengusaha klappertaart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya.

Beberapa jenis klappertart menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan.

Sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya. Klappertaart Rendah Kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini.

Klappertaart adalah ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) juga telah masuk dalam Makanan Khas Nusantara bersama dengan 30 jenis makanan lainnya dari berbagai daerah.

Saat ini Klappertaart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa atau flavor, ada rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original. Di Manado sendiri Klappertaart sangat mudah didapatkan.

Nah segera saja Anda simak resep spesial Klappertaart khas Manado yang banyak digemari berikut ini:

Bahan-bahan Membuat Resep Klapertart Manado :

  • 4 kuning telur
  • 150 gram gula pasir
  • 75 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 sendok teh rhum
  • 2 sendok makan margarin (dilelehkan)
  • 100 ml air kelapa muda
  • 2 putih telur
  • 30 gram gula pasir
  • 50 gram kenari (dicincang kasar)
  • 50 gram kismis
  • 1 butir kelapa yang masih muda (kerok dagingnya)

Cara Membuat Kue Klappertaart Panggang Khas Manado :

1. Kocok lah kuning telur beserta gula pasir hingga mengembang, lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama dengan tepung maizena. Berilah rhum, margarin serta air kelapa, aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan.
2. Kocok lah putih telur bersama dengan 30 gram gula pasir hingga adonan kaku serta gula pasir larut. Campurkanlah ke dalam adonan klappertaart. Tuangkan ke dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi dengan margarine dengan volume kira-kira 3/4 pinggan.
3. Berikanlah daging buah kelapa yang sudah dikerok, cincangan kenari serta kismis diatas permukaan adonan. Selanjutnya pangganglah adonan selama kira-kira 40 menit atau kira-kira hingga matang, lalu setelahnya keluarkan kue dan dinginkan.

Setelah kalian menyimak resep  klapertart di atas kalian juga harus tahu kandungan apa saja yang ada dalam klapertart, berikut kita ulas beberapa manfaat dari kandungan klapertart :

Manfaat klapertart :

  • Pertama klappertaart mengandung susu,

semua udah tahu dong yaa manfaat susu untuk tubuh kitaaa.

Susu sangat baik untuk mencegah osteoporosis, tekanan darah, kerusakan gigi serta berbagai manfaat lain.

teruuus di dalam adonannya juga terdapat keju,

nah di dalam keju ini terdapat protein, mineral, vitamin, laktosa dan juga lemak. tapi santai ajaaaaa, kandungan lemaknya ganyampe 12% per cup kok

  • selanjutnya, ada bahan dasar utama klappertaart nih, yaitu kelapa muda!

di dalam kelapa muda ini terkandung banyak banget manfaat untuk tubuh kita. itu disebabkan karena kelapa muda mengandung protein, kalsium, karbohidrat, lemak baik, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1.

bisa dibayangin kaaaan, seberapa ‘kaya’ nya bahan dasar produk kita yang kece ini.

  • yang terakhir, ada telur. nah ini dia kandungan dan manfaatnya. kita ambil dari

“Telur mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, riboflacin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, choline, besi, kalsium, fosfor dan potasium. Telur ayam juga merupakan makanan termurah sumber protein yang lengkap. Satu butir telur ayam berukuran besar mengandung sekitar 7 gram protein.

Kandungan vitamin A, D dan E terdapat dalam kuning telur. Telur memang dikenal menjadi salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D.

Satu kuning telur besar mengandung sekitar 60 kalori dan putih telur mengandung sekitar 15 kalori. Satu kuning telur besar mengandung dua per tiga jumlah kolesterol harian yang dianjurkan yaitu 300 mg. Lemak dalam telur juga terdapat dalam bagian kuning telur.

Satu kuning telur juga mengandung separuh jumlah choline harian yang dianjurkan. Choline merupakan nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan juga sangat penting untuk wanita hamil dan menyusui untuk memastikan perkembangan otak janin.”

Sedikit berbeda dari resep klapertart manado yang kita bahas kali ini ada juga cara yang lain yaitu  yang di masak dengan cara di panggang.

Perbedaan dari kue ini adalah jika klapertart yang kita buat sekarang atau resep klapertart manado yang original bentuk nya lebih menyerupai custard atau lembut jika dimakan. Sedangkan jika resep klapertart manado dipanggang bentuk nya akan lebih padat seeperti kue pada umum nya.

Olahan Makanan Dari Kelapa Tradisional Tetap Asik

Olahan Makanan Dari Kelapa Tradisional Tetap Asik

Olahan makanan dari kelapa yang kali ini saya bahas adalah beberapa jenis makanan tradisional yang mugkin kerap kalian jumpai. Olahan makanan dari kelapa parut ini bisa kalian jumpai di pasar tradisional maupun di pinggir jalan. Pedagang makanan ini biasanya mereka yang sudah sepuh.

Makanan-makanan ini juga termasuk jajanan yang murah meriah dan enak. Kue ini juga mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional.

Dan juga kita pernah membahas tentang olahan dari kelapa yang lain. Sekarang kita akan membahas pula tentang makanan dari olahan kelapa.

Makanan-makanan ini sebagian besar mempunyai rasa manis namun terdapat rasa gurih dari kelapa parut itu sendiri.

Aneka olahan makanan dari kelapa :

Sebagai salah satu negara beriklim tropis, pohon kelapa tumbuh subur sepanjang tahun di berbagai wilayah di Indonesia. Kelapa sendiri dikenal sebagai pohon serba guna, karena hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan.

Buah kelapa merupakan bagian paling bernilai ekonomis. Buah kelapa yang muda bisa kamu nikmati secara langsung menjadi es kelapa muda yang menyegarkan. Apalagi jika dikonsumsi di tengah terik matahari atau saat berada di pantai.

Tidak hanya es kelapa muda saja, sudah banyak jenis kuliner Indonesia yang juga menggunakan kelapa sebagai bahan campuran. Tidak sedikit pula kue khas Tanah Air yang menggunakan kelapa parut sebagai bahan dasar pembuatannya.

Mau tahu apa saja? Ini dia 7 kue khas Nusantara dari kelapa parut yang gurihnya bisa bikin ketagihan, yuk simak penjelasan nya.

1. Kue Pancong.

Kue pancong merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar.

Camilan yang juga dikenal dengan nama gandos dan bandros ini dicetak dalam sebuah cetakan berbentuk setengah lingkaran lalu dibakar di atas api hingga matang. Biasanya kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah rasa manis.

2. Kue Rangi.

Kue yang juga khas Betawi ini sekilas memiliki tampilan yang mirip dengan kue pancong. Akan tetapi sebenarnya keduanya merupakan kue yang berbeda, meski sama-sama menggunakan kelapa parut dalam adonannya.

Kue ini dinamakan kue rangi karena aromanya yang wangi saat dibakar. Kue rangi terbuat dari adonan tepung sagu yang dicampur dengan kelapa parut kasar lalu disajikan dengan gula merah yang direbus bersama dengan nangka dan dikentalkan dengan sedikit tepung sagu.

3. Gemblong.

Kue yang menjadi jajanan pasar favorit banyak orang ini terbuat dari tepung beras ketan putih, santan, margarin dan kelapa parut setengah tua. Adonan gemblong diuleni hingga kalis lalu dibentuk seperti bola, kemudian digoreng lalu dilapisi dengan gula merah atau gula aren yang sudah dilarutkan.

4. Wingko Babat.

Kue yang kerap dijadikan oleh-oleh ini terbuat dari kelapa parut, tepung beras ketan dan gula pasir. Setelah semua adonan dicampur rata, wingko babat dibentuk bulat pipih lalu dipanggang atau dibakar hingga matang.

Kelapa parut yang digunakan untuk wingko harus menggunakan kelapa muda agar tekstur wingko babat tetap empuk meski sudah dingin.

5. Kue sagon.

Kue yang biasanya dijadikan kue khas Lebaran ini dibuat dari tepung beras ketan, campuran kelapa parut tua, margarin, gula pasir dan vanili.

Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Uniknya, meski dari luar tekstur kue sagon terlihat padat dan keras, namun saat digigit teksturnya sangat lembut. Aroma wanginya pun sangat menggoda.

6. Kue putu.

Kue yang satu ini mempunyai ciri khas berupa bunyi nyaring seperti peluit. Makanan putu terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan garam.

Cara pembuatannya juga sangat unik yaitu dengan dikukus dalam wadah bambu yang kemudian akan diisi dengan gula merah, lalu ditutup dengan sisa adonan dan dikukus  lagi hingga matang. Setelah matang, umumnya kue putu akan disajikan dengan taburan kelapa parut.

7. Geplak.

Makanan khas Yogyakarta ini menggunakan kelapa parut sebagai bahan utamanya. Kemudian dicampur dengan tepung beras dan gula pasir atau gula Jawa.

Biasanya geplak memiliki tiga warna yakni merah muda, hijau, dan putih. Warnanya yang beraneka ragam dan rasa manis serta gurihnya membuat geplak sering dijadikan sebagai oleh-oleh favorit para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Olahan Dari Kelapa Tua Yang Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Olahan Dari Kelapa Tua Yang Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Olahan dari kelapa tua yang kita bahas kali ini merupakan tentang cara mengolah minyak kelapa sendiri dan apa saja manfaat nya untuk tubuh.
Pada artikel sebelumnya kita juga telah membahas tentang olahan kelapa parut dalam makanan-makanan tradisional sekarang kita akan membahas tentang cara membuat minyak kelapa sendiri.
pasti penasaran kan yuk kita simak penjelasan nya terlebih dalu. Happy reading guys.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa terdiri dari bahan-bahan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Ramuan ini mengandung lemak jenuh yang tinggi.
Meski demikian, jenis lemak jenuh yang banyak terdapat pada minyak kelapa adalah medium chain triglycerides (MCT). Jenis lemak ini akan langsung digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat.
Begitu Banyak Manfaat Minyak Kelapa
Dengan komposisi di atas, minyak kelapa ditengarai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya:

Manfaat Minyak Kelapa :

Baik untuk penderita kolesterol tinggi

Beberapa penelitian menyatakan minyak kelapa dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Sehingga minyak kelapa diduga baik untuk penderita kolesterol tinggi. Akan tetapi, sebagian penelitian juga mengatakan bahwa minyak kelapa belum tentu baik untuk kesehatan jantung Anda. Karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak kelapa terhadap kolesterol tinggi.

Menurunkan berat badan

Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan jenis minyak lainnya, pemakaian minyak kelapa dianggap baik bagi penderita obesitas. Kandungan lemak jenis MCT pada minyak kelapa, diperkirakan bisa menurunkan berat badan. Namun, Anda tetap harus membatasi jumlah asupan minyak kelapa agar tidak kelebihan kalori, yang justru akan menyebabkan berat badan naik. Untuk menurunkan berat badan, tetap dibutuhkan pula pola makan sehat dan olahraga rutin.

Melembapkan kulit

Minyak kelapa dapat dijadikan pelembap yang ringan untuk kulit. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin setelah mandi. Menggunakan minyak kelapa dua kali sehari pada kulit kering, dapat membantu melembapkan kulit.

Kutu rambut

Mengoleskan minyak kelapa pada rambut mungkin efektif untuk menjauhkan kutu. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa diduga berperan sebagai pembasmi kutu alami. Minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati kutu rambut pada orang yang memiliki kulit sensitif atau tidak cocok dengan pengobatan kutu rambut. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas minyak kelapa dalam mengobati kutu rambut.

Diabetes

Minyak kelapa dapat memberikan dampak yang baik pada penyakit diabetes, karena dipercaya mampu membantu mengatur kadar gula darah dan memperbaiki resistensi insulin. Namun karena jenis lemak pada minyak kelapa adalah lemak jenuh, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan minyak kelapa.

Cara Membuat Minyak Kelapa :

Siapa pun bisa membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan minyak kelapa, yaitu :

Cara 1: Merebus kelapa

Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.
Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak. Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

Cara 2: Menyaring kelapa


Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender hingga halus dan jika dibutuhkan, bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya. Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak.
Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah. Masukkan ke lemari pendingin atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat terbentuknya dadih. Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah.

Cara 3: Mengendapkan kelapa


Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil kemudian keringkan selama satu hari. Jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yang kasar.
Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit agar proses pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar. Lakukan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. Ulangi proses ini sekali lagi agar semua minyak kelapa keluar.
Tuangkan hasil juicer ke dalam toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh. Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sementara lapisan kental akan mengendap di dasar toples. Untuk mendapatkan minyak kelapa yang siap digunakan, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.

Melihat manfaat dan mudahnya cara membuat minyak kelapa di atas, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah.
Tingkat Keamanan dalam Memakai Minyak Kelapa
Karena penelitian untuk membuktikan manfaat minyak kelapa masih minim, maka disarankan untuk tidak terlalu mengandalkan minyak kelapa dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan secara umum. Guna menjaga kesehatan, terapkanlah pola hidup sehat dalam keseharian Anda.