Browsed by
Month: November 2017

Ini Dia..! Resep Bakso Wonogiri Paling Enak dan Lezat

Ini Dia..! Resep Bakso Wonogiri Paling Enak dan Lezat

Resep Bakso Wonogiri Paling Enak dan Lezat – Apakah kalian setuju kalau bakso merupakan salah satu kuliner yang sangat mudah di temukan di berbagai daerah di Indonesia ini? harganya yang bersahabat dengan kantong, membuatnya dapat di nikmati banyak kalangan. Rasa sedap, berkuah panas semakin memanjakan lidah.

Wonogiri menjadi salah satu daerah yang terkenal akan kelezatan bakso. Bahkan banyak orang Wonogiri merantau ke berbagai daerah untuk mencoba peruntungan mereka berjualan bakso. Dari sekian banyak bakso Wonogiri yang ada tersebut, bakso

Titoti menjadi warung bakso yang cukup melegenda. Bakso khas wonogiri ini menyajikan kualitas yang tidak berubah dan tetap sedap hingga saat ini. Ternyata kita pun dapat membuat bakso sendiri di rumah, ingin tahu caranya? Simak lebih lanjut resepnya berikut ini.

Baca Juga : Resep Bakso Urat Solo, Cara Membuat Bakso Ikan

, Resep Bakso Wonogiri Bakso Titoti

resep bakso wonogiri

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Bakso : 

  • 2 kg daging sapi yang masih segar dan halus, jangan di cuci apalagi di masukkan ke dalam freezer.
  • 16 butir telur ayam pisahkan antara kuning dan putih telurnya.
  • 6 sendok makan tepung tapioka
  • Baking powder 2 sendok teh
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • 10 siung bawang putih, kupas dan haluskan
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Kuah Bakso :

  • 6 liter air
  • 1 kg tetelan daging sapi, dapat di tambah sedikit lemak sapi dan tulang sapi
  • 26 siung bawang putih
  • 14 siung bawang merah
  • 6 butir kemiri
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh pala yang sudah dihaluskan
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Sedikit minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Resep Bakso Wonogiri

  1. Pertama-tama giling daging sapi samai halus, kemudian tambahkan putih telur kedalamnya tetapi kuning telur tidak dipakai. Bila adonan ini telah tercampur sempurna tambahkan tepung tapioka, merica bubuk dan baking powder.
  2. Kemudian haluskan bawang merah dan bawang putih dan tumis sampai harum dan berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah itu angkat dan masukkan kedalam adonan tadi. Tak lupa masukkan garam serta penyedap rasa.
  3. Uleni hingga merata menggunakan tangan, kurang lebih 1,5 jam. Semakin lama waktu menguleni, semakin kenyal bakso yang di buat.
  4. Sementara menunggu selesai menguleni, didihkan air yang akan di buat kuah tadi. jangan lupa masukkan juga tetelan dan tulang sapi tadi.
  5. Proses selanjutnya adalah mencetak bakso, dapat menggunakan sendok atau menggunakan tangan. Berikan adonan ke tangan kiri lalu genggam, maka akan keluar pentol bakso dari sela ibu jari dan telunjuk, ambil menggunakan sendok dan masukkan kedalam air panas tadi.
  6. Tunggu hingga bakso mengapung ke atas permukaan air, lalu angkat dan tiriskan. Lakukan proses tersebut sampai adonan habis.
  7. Bakso siap sekarang tinggal kita buat kuahnya, berikut caranya.

Cara Membuat Kuah Bakso 

  1. Pertama tumis bumbu yang telah di haluskan seperti bawang merah, bawang putih dan kemiri kalian tumis sampai mucul bau harum dan warna berubah kecoklatan.
  2. Masukkan bumbu tersebut kedalam air yang dipergunakan untuk membuat bakso tadi. jangan lupa tambahkan garam, penyedap rasa, pala dan merica bubuk.
  3. selanjutnya kita icipi rasanya dan matikan api
  4. Selesai, sekarang tinggal masukan baksonya dan bumbu pelengkap, sekarang bakso siap di santap bersama keluarga.

Membaca Rahasia Resep Bakso Wonogiri ini membuat perut mendadak lapar ya. Banyak yang beranggapan bahwa bumbu yang di perlukan terlalu banyak, tapi semua tetap bergantung pada banyak sedikitnya daging sapi yang akan diolah menjadi bakso. Banyaknya bumbu ini pula yang membuat  resep bakso wonogiri lezat dengan rasa yang tetap enak, sekian semoga bermanfaat terima kasih.

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Paling Enak dan Lezat

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri Paling Enak dan Lezat

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri – Bakso merupakan makanan yang sangat digemari kebanyakan orang. Di Indonesia sendiri, bakso salah satu makanan yang populer. Ada berbagai macam resep bakso maupun bentuknya. Ada yang bulat, kotak, isi telur, urat, dan berbagai macam lainnya. yang pada biasanya para produsen bakso menggunakan daging sapi pilihan untuk membuatnya.

Daging sapi dengan kualitas terbaik pasti menghasilkan bakso yang enak. Namun semakin mahalnya bahan-bahan untuk membuat terutama daging, tak jarang produsen bakso mengurangi porsi daging untuk membuatnya demi mendapatkan keuntungan yang lebih.

Bahkan menggunakan bahan pengawet pun kerap menjadi solusi untuk mencari keuntungan lebih. Selain itu, daging babi juga kerap digunakan oleh produsen nakal sebagai pengganti daging sapi. Dengan adanya hal-hal tersebut, masyarakat menjadi takut untuk mengonsumsi bakso.

Kekhawatiran yang selalu muncul adalah bahan-bahan yang terkandung di dalam bakso. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda juga dapat membuatnya di rumah bahkan dengan bahan sesuai selera Anda sendiri. Misalnya dengan menggunakan daging ayam atau ikan tenggiri. Cara membuat bakso ikan tenggiri

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri

cara membuat bakso ikan tenggiri

Bagi Anda yang penasaran ingin tahu bagaimana membuat bakso berbahan dasar ikan, anda dapat mengikuti resep membuat bakso ikan tenggiri berikut.

Bahan Yang Perlu Disiapkan :

  • 1 kg daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan.
  • 250 gram tepung kenji.
  • Daun bawang secukupnya.
  • 5 butir telur ayam.
  • 100 ml air es
  • 5 sendok teh minyak goreng.

Bumbu Untuk Bakso :

  • 10 siung bawang putih.
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • Kecap ikan 1 sendok teh
  • 3 sendok teh garam
  • 2 sendok teh penyedap rasa

Bahan Pelengkap Bakso :

  • Mie kuning
  • Bawang goreng.
  • Saus dan kecap
  • Bihun

Cara Membuat Bakso IkanTenggiri :

  • Pertama campurkan daging ikan dengan air es, kemudian putih telur dan aduk hingga rata. Masukan minyak dan bumbu-bumbu yang sudah tersedia beserta daun bawang. Setelah itu Aduk sampai rata.
  • Kemudian masukan tepung kenji kemudian aduk hingga terlihat kalis.
  • Panaskan air, gengam dan bentuk adonan bakso dengan cara ibu jari dan telunjuk.
  • Setelah itu, masukan adonan kedalam air yang sudah mendidih. Tunggu bakso hingga muncul ke permukaan air.
  • Sajikan untuk keluarga tercinta.

Nah itu tadi cara membuat bakso ikan tenggiri yang bsa saya bagikan semoga dapat membantu dan selamat mencoba terima kassih sudah berkunjung

Inilah Resep Spesial..! Cara Membuat Keripik Nangka Oven

Inilah Resep Spesial..! Cara Membuat Keripik Nangka Oven

Cara membuat keripik nangka oven – Mengingat kreatifnya dunia kuliner kita sekarang ini menjadikan kita berlomba – lomba untuk menciptakan ide baru,dulu buah – buah hanya bisa di ambil sarinya saja untuk dijadikan minuman.

Nah sekarang ini buah yang basah pun bisa kita bikin keripik contohnya buah salak,buah apel,buah nangka dan masih banyak lagi. keripik buah nangka ini sebenarnya sudah lama di kenal tapi sebagian juga ada yang tidak tahu dan tidak pernah mencicpi keripik nangka.

Keripik nangka sangat lah cocok untuk oleh-oleh keluarga,dan keripik nangka juga sangat lah cocok untuk dinikmati saat santai bersama teman-teman,dan bisa jadi cemilan saat nonton tv serta bisa juga disajikan untuk tamu.

Artikel kali ini saya ingin berbagi resep cara membuat keripik nangka oven.

sebelum kita mengetahui bahan-bahan dan langkah-langkah cara membuat keripik nangka kita juga harus tahu kalau keripik nangka ini disukai banyak orang selain caranya pembuatannya yang cukup simpel keripik nangka juga rasa manisnya asli.

Hemm… keripik nangka ini masih sangat jarang lho

Nah dari pada penasaran langsung aja kita mengetahui bahan-bahan dan langkah-langkah membuat keripik nangka yang renyah dan gurih dibawah.

Cara membuat keripik nangka oven

cara membuat keripik nangka oven

Bahan yang diperlukan :

  • Buah nangka yang setengah matang 2 kg
  • Air 2,5 liter
  • Kapur sirih 100 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula pasir 250 gram
  • Garam secukupnya

Cara membuat keripik nangka dengan oven :

  1. Nangka dibelah terlebih dahulu menjadi beberapa bagian dan ambil daging nangka
  2. membersihkan daging nangka dari biji dan lainnya.
  3. Masukan kapur sirih pada air, kemudian tambahkan garam dan gula pasir. Aduk-aduk hingga semua bahan larut. Kemudian masukan daging nangka. Rendam selama 1 jam. Fungsi kapur sirih adalah untuk menghilangkan getah pada nangka.
  4. Angkat nangka dari rendaman dan tiriskan
  5. Panaskan oven tradisional pada wajan, dan masukan nangka pada oven. Terlebih dahulu diatur letak daging nangkanya agar tidak bertumpukan. Tujuan nangka dioven adalah untuk menghilangkan kandungan air pada nangka. Setidaknya bisa mengurangi kandungan airnya. Setelah nangka kering lanjut ke tahap berikutnya.
  6. Panaskan wajan hingga benar-benar panas dan goreng nangka hingga berwarna kuning keemasan atau coklat.
  7. Setelah nangka matang digoreng, kalau sista punya alat sentrifugal atau pemusing bisa digunakan agar kandungan minyak nangka bisa hilang, jadi nangka bisa tahan sampai satu bulan.

Baca juga cara membuat keripik singkong balado NCC

Cara membuat keripik nangka oven

Bahan :

  • 1 kg buah nangka, pilih yang masih mengkal
  • 1,5 liter air bersih
  • 7,5 gr asam sitrat
  • 75 gr garam
  • 150 gr gula pasir
  • 0,75 gr natrium metabisulfit
  • 100 gr gamping / kapur sirih
  • 2 liter minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Belah buah nangka, ambil daging buahnya satu per satu.
  2. Dengan menggunakan pisau yang tajam, keluarkan biji dari dalam daging buahnya.
  3. Rendam buah nangka ke dalam air kapur sirih/gamping selama 5 jam.
  4. Kemudian angkat buah nangka dari dalam air kapur sirih/gamping dan segera dicuci sampai bersih. Tiriskan hingga semua air hilang.
  5. Goreng buah nagka dengan sistem deep frying (minyak yang sangat banyak dan api yang besar) sampai matang dan kering.
  6. Tiriskan dari minyak dan tunggu sampai benar-benar dingin.
  7. Simpan ke dalam kantong plastik atau wadah kedap udara.

Tips :

Bila ingin menambahkan rasa pada keripik nangka, sebelum buah nangka digoreng, kita bisa menambahkan gula pasir/garam/madu.

Manfaat keripik nangka

  1. Mengatasi asma
  2. Memproduksi hormone
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  4. Anti penuaan dini
  5. Mengontrol kolesterol
  6. Menyembuhkan borok
  7. Menyehatkan organ usus besar
  8. Mencegah kanker rongga mulut
  9. Menyehatkan rambut
  10. Membuat kulit halus
  11. Menurunkan tekanan darah
  12. Mencegah penyakit jantung
  13. Sumber energi tubuh
  14. Menjaga metabolisme tubuh
  15. Menyehatkan kulit
  16. Menyehatkan mata
  17. Menguatkan dan menyehatkan tulang
  18. Melancarkan sistem pencernaan
  19. Mencegah penyakit anemia
  20. Mencegah penyakit kanker

Demikianlah resep keripik nangka oven yang renyah dan manis. Resep ini sangat mudah dipraktekan dan tidak perlu menggunakan mesin seperti pengering dan mesin pemusing. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba di rumah yah.

TERBUKTI !! Cara Membuat Mie Kering Khas Sulawesi !! Spesial !

TERBUKTI !! Cara Membuat Mie Kering Khas Sulawesi !! Spesial !

Mie Kering.Mie Titi adalah masakan kuliner asli Makassar (Sulawesi). Tahukah anda bahwasannya Mie Titi ini cukup terkenal di Makassar. Kepopuleran Mie Titi tidak hanya di daerahnya saja namun hingga merambah ke kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta

Konon asal muasal dari mie Titi ini awalnya dibuat oleh Ang Kho Tjao yang merupakan seorang warga keturunan Cina yang tinggal di Makassar. Ang Kho Tjao kemudian mewariskan resep kuliner ini kepada ketiga anaknya dan menjadikan Mie Titi mulai terkenal sejak tahun 1970-an. Ang Kho Tjao memberikan pengetahuan tentang resep untuk tiga anaknya yaitu Hengky, ‘Awa, dan Titi.

Cara Membuat Mie Kering Khas Sulawesi

Bahan-bahan :

  1. Mie Telor
  2. Daging ayam (ayam filet or ayam potong bisa aja)
  3. Ati sapi (kalau gak ada pake liverpastei juga bisa)
  4. Udang diiris sesuai selera
  5. Baso sapi/ayam 5 butir, iris sesuai selera
  6. Telor 1- 2 butir, tergantung selera
  7. Sayur-sayuran (kol, sawi, wortel, etc)
  8. Tomat
  9. daun seledri, bawang en prei jangan lupa – iris2 halus
  10. tepung maizena 3 sendok or sesuai takaran kekentalan yang diinginkan
  11. Minyak goreng

Bumbu-bumbu :

  1. bawang bombay 1 siung kecil
  2. kemiri 1 biji- merica en paprika bubuk
  3. bawang merah 1 siung
  4. garam
  5. bawang putih 3 siung

Pelengkap :

  1. jeruk nipis or citroen
  2. bawang goreng / gebakken uitjes dari Conimex or Inproba;)
  3. sambel botol

Cara membuat :

Mie :

  1. Taruh kepingan mie dibaskom, en siram dengan air panas. Diamkan kurang lebih 4 menit sampe rada lembek (biarkan mie terurai). Tiriskan en biarkan agak dingin dulu.
  2. Goreng mie yang sudah tiris di wajan or frituurpan (pake’minyak agak banyakan ya, biar mienya tenggelam di minyak), sampai berwarna kecoklatan en jadi kering. Simpan di wadah tertutup biar tetep renyah.

Kuahnya :

  1. Rebus ayam dengan 2 liter air (or sesukanya, takaran gue suka2 soale;)) sampai ayamnya lembek, en air rebusan ayam disisihkan buat kuah. Daging ayam di iris2 kotak, sisihkan.
  2. Bumbu2 diulek or diblender jadi satu. Merica dan garam boleh ditambahkan kemudian sesuai keinginan
  3. Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu2 yang sudah dihaluskan, kalau sudah kecoklatan masukkan irisan udang, ayam dan baso, aduk sama-sama. Biar gak lengket, masukkan sedikit demi sedikit air rebusan ayam sampai habis. Takaran kuah sesuai selera dan keinginan (kalo gue suka kalau banyak kuahnya, jadi suka dilebih2kan air rebusannya). Biarkan sampai mendidih.
  4. Sambil kuah mendidih, cicipin dikit takaran garam en merica. tiup2 dulu, jangan sampai lidah jadi terbakar kepanasan;).
  5. Setelah menididih beberapa saat, masukkan sayur2an yang sudah dipotong2, biarkan beberapa saat.
  6. Siapkan campuran tepung maizena yang diaduk dengan air, tuang perlahan2 kedalam kuah sampai tercapai kekentalan yang diinginkan.
  7. Setelah kuah rada mengental, yang terakhir masukkan ceplokan telur dan langsung aduk kuah biar jadi terlihat seperti berserat.
  8. Biarkan mendidih beberapa saat sambil terus diaduk – supaya gak lengket di panci.
  9. Masukkan irisan daun seledri, bawang, dan prei.

Cara penyajian :

  1. Siapkan piring, dan taruh mie goreng kering di piring sesuai porsi yang diinginkan
  2. Tuangkan kuah diatas mie.
  3. Taburi dengan bawang goreng, peras dengan jeruk nipis, tuangin dengan sambel botol.
  4. Jangan lupa, masukkan sejumput bumbu cinta kedalam mie titi ini;)..
  5. Selamat menikmati.

Demikian Artikel tentang cara membuat Mie Kering khas Sulawesi yang sangat nikmat dan spesial.

Terimakasih.

Nikmatnya..! Resep Keripik Singkong Balado Ncc Buatan Sendiri

Nikmatnya..! Resep Keripik Singkong Balado Ncc Buatan Sendiri

Resep keripik singkong balado ncc – keripik singkon memanag subanyak beredar dipasan , oleh karena itu saya akan membuat resep membuat keripik singkong yang mudah dilakuhkan hanya butuh waktu sejengah jam.

Apa itu NCC :

Nursing Care Club (NCC) Emergency didirikan pada tanggal 28 Februari 2010.
Angkatan pertama dilantik tepat tanggal 28 Februari 2010 di Pantai Fatehan, Samas Bantul.
Dulunya organisasi ini berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA), tepatnya di bawah Divisi Pengabdian Masyarakat.
Namun, setelah sidang umum dan musyawarah dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa, NCC resmi menjadi Badan Semi Otonom  Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

# Resep keripik singkong balado ncc

resep keripik singkong balado ncc

Bahan:

  1. 500 gr singkong, iris tipis (makin tipis makin bagus)
  2. 2 lembar daun salam
  3. 3 lembar daun jeruk purut
  4. 3 buah asam jawa
  5. 1 sdt garam halus
  6. 3 sdm gula pasir
  7. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 6 buah cabe merah
  4. 6 buah cabe rawit

Cara membuatnya:

  1. Singkong dikupas sampai bersih.
  2. Kemudian dicuci sampai bersih.
  3. Selanjutnya singkong di iris tipis – tipis
  4. Masukkan irisan singkong ke dalam minyak yang telah panas, lalu goreng dengan api sedang hingga betul betul kering atau hingga warna singkong kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  5. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, daun salam, daun jeruk hingga harum, lalu masukkan asam jawa, garam dan gula pasir sambil terus diaduk hingga agak kering.
  6. Masukkan keripik singkongnya lalu aduk hingga semua terbalut bumbu. Keripik singkong balado siap disajikan.

Tips :
Pastikan keripik singkong baladonya sudah betul betul dingin ketika akan disimpan di dalam toples biar tidak melempem

Baca juga resep lain cara membuat keripik balado 

# Resep keripik singkong balado ncc

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

  1. 6 kg singkong 
  2. 15 liter air 
  3. 150 ml air kapur sirih (2 sendok teh kapur sirih dilarutkan dengan150 ml air) 
  4. 3 sendok makan garam 
  5. 600 gram gula pasir 
  6. 300 ml air asam (dari 35 gram asam jawa dan 300 ml air) 
  7. 5 sendok teh garam 
  8. 200 ml minyak untuk menumis 
  9. Bumbu Halus:
  10. 600 gram bawang merah 
  11. 250 gram bawang putih 
  12. 500 gram cabai merah 
  13. 60 gram cabai rawit 
  14. 3 sendok makan ketumbar 

Cara Pengolahan :

  1. Iris tipis singkong menggunakan alat pengiris.
  2. Rendam irisan singkong dengan air, air kapur sirih, dan garam.
  3. Tiriskan singkong dan lap sampai kering.
  4. Goreng sampai renyah dan kering dalam minyak yang sudah dipanaskan. Angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan gula pasir, air asam, garam, dan air. Aduk sampai kental.
  6. Tambahkan singkong. Aduk sampai terbalut rata.

Baca juga cara membuat keripik pepaya

# Resep keripik singkong balado ncc

Bahan-bahan

  1. 1 kg singkong pilih yg ukuran agak besar.. Tp jgn besar bgt y.. Yg masih segar dan kulit luar na agak ngelupas2 biasa na bagus
  2. 100 gram cabe merah keriting
  3. 10 gram rawit
  4. 40 gram gula merah
  5. 35 gram gula putih
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. 5 gram asam jawa tanpa biji cairin dgn sedikit air, saring
  8. 3 gram kaldu bubuk rasa ayam
  9. 2/3 sdt garam
  10. 2 siung bawang putih kating
  11. minyak

langkah – langkah membuat keripik singkong ncc

  1. Kupas singkong, cuci potong² dgn alat biar hasil na rata..
  2. Cuci lg yg bersih sampai air na jernih, tiriskan
  3. Panaskan minyak yg banyak di wajan besar.. harus panas bgt y.. dengan api yg besar.. masukkan singkongyna jg sedikit – sedikit dijeda.. biar temperatur minyak terjaga.. jangan terlalu penuh jg singkong na.. kebanyakan tukang keripik itu mempergunakan kayu bakar ataupun kompor bertekanan tinggi biar keripik na renyah dan mengembang sempurna.. goreng sampai habis sisihkan
  4. Utk bumbu na goreng daun jeruk yg udah dibuang batang tengah na sampai garing lalu haluskan bersama cabai, bawang, lebih enak sih pake gilingan.. tp kalo g punya bs diulek aja atau diblender jg bs.. tp jgn pake air y.. pake minyak aja..
  5. Tumis bumbu halus.. tambah garam dan kaldu bubuk.. sampai keluar minyak.. kalo yg diblender g usah pake minyak lg.. masak aja aduk² sampai keluar minyak na lalu masukkan gula pasir dan gula merah yg disisir atau dihaluskan.. dan tambah air asam jawa.. aduk² sampai mengental dan kandungan air dr gula hilang..
  6. Matikan api, tunggu sampai dingin baru campur k keripik.. biar g gampang melempem.. kalo aq biasa na nyampur na d baskom besar.. keripik na dituang k baskom trus kasih bumbu d atas na.. dikira² cukup.. aduk rata.. nanti kalo kurang bs ditambah lg bumbu na..

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang resep keripik singkong balado ncc , semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Coba Caranya! Resep Roti Tawar Gulung Sosis

Coba Caranya! Resep Roti Tawar Gulung Sosis

Roti Tawar Gulung – Biasanya orang menggunakan Roti Tawar Gulung isian atau dilapisi dengan macam-macam selai, keju dan juga sosis. Beberapa orang biasanya isian sosis membuatnya dengan berupa gulungan roti yang berisi sosis, yang dinamakan dengan Roti  Tawar Gulung sosis.

Roti gulung sosis merupakan nama makanan dalam bentuk roti yang diberi isi sosis pada bagian tengahnya lalu dibuat dalam bentuk gulungan. Nah, saya disini akan mengajak anda untuk membuat roti gulung sosis sapi yang begitu enak banget dan special.

Roti Tawar Gulung

Roti tawar jadi menu baru yang nikmat. Kali ini saya akan berbagi resep membuat Roti Tawar Gulung goreng isi sosis yang bisa kamu bikin di rumah. Mau tahu resepnya? Simaklah artikel berikut ini!

Resep Roti Tawar Gulung Sosis

Resep Roti Tawar Pertama

Bahan – Bahan :

  • 5 lbr roti tawar tanpa kulit
  • Sosis sapi 5 buah
  • 5 lbr daging asap
  • Keju 5 lbr
  • 1 sdm saus tomat
  • 2 sdt mayones botolan
  • 15 gr keju cepat leleh, parut halus
  • Merica bubuk 1/2 sdt
  • 1/2 sdt oregano kering
  • Minyak goreng
  • Telur ayam 1 btr
  • 100 gr tepung panir kasar

Cara Membuat:

  • Tipiskan roti dengan badan botol. Lalu sisihkan.
  • Tumis sosis sapi dan daging asap dengan sedikit minyak, Sisihkan.
  • Untuk membuat saus campur semua bahan lalu sisihkan.
  • Ambil selembar roti tawar yg telah ditipiskan, lalu letakkan daging asap, keju, dan sosis di atasnya. Tuangi saus dan ratakan.
  • Gulung roti sambil padatkan. Lalu, oleskan sedikit telur kocok di ujung roti tawar untuk merekatkannya.
  • Celupkan roti gulung ke dalam telur kocok lalu gulingkan ke tepung panir kasar. Lakukan sampai roti habis.
  • Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Lalu goreng roti gulung hingga kuning kecoklatan.
  • Angkat dan tiriskan. Tambahkan dengan saus sambal botolan.
  • Roti Tawar Gulung Sosisnya siap disantap.

Resep Roti Tawar Kedua

Bahan – Bahan :

  • Roti tawar tanpa kulit secukupnya
  • Sosis sapi 6 buah
  • Telur ayam 2 btr
  • Bawang bombay 1 buah, dihaluskan
  • Keju secukupnya
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Mayones secukupnya

Cara Membuat :

  • Ambil roti tawar lalu ditekan-tekan dengan tangan sampai padat supaya tidak mudah sobek.
  • Kemudian letakkan sosis, bawang bombay, mayones dan keju diatas roti.
  • Lalu gulung roti yang sudah diberi isi sambil ditekan hingga adonannya memadat.
  • Kocok telur ayam kemudian celupkan roti gulung kedalam kocokan telur.
  • Setelah itu gulingkan dengan tepung roti sampai semua permukaannya tertutup rapat.
  • Panaskan minyak goreng kedalam wajan, lalu goreng roti sampai berwarna kuning kecoklatan.
  • Angkat dan tiriskan
  • Roti Tawar Gulung siap dinikmati.

Cara memotong roti yang umum dilakukan orang adalah dengan menaruh roti di atas talenan lalu memeotongnya vertikal atau melintang. Hasilnya, irisan roti kadang tak sama, permukaan roti menjadi kempis karena tertekan tangan dan tesktur roti juga ikut mempat atau padat. Rupanya ini terjadi karena cara memotong roti yang salah.

Pekerja restoran, penulis dan penata makanan, memberikan tip cara memotong roti yang benar. Metode memotong roti dari bagian samping terlebih dahulu akan memberi ukuran roti yang lebih tipis, konsisten dan tidak merusak struktur roti akibat terhimpit.

Jika anda belum berhasil mempraktekkannya janganlah anda menyerah, terus mencoba sampai bisa dan hasilnya menjadi yang lebih maksimal. Sekian dari saya semoga artikel di atas tadi dapat membantu anda, dan semoga hasilnya lebih bagus. terima kasih dan selamat mencoba.

Cara Membuat Mie Lidi Kering Pedas yang Hot dan Spesial !

Cara Membuat Mie Lidi Kering Pedas yang Hot dan Spesial !

Cara Membuat Mie Lidi Kering Pedas.Cemilan enak dengan rasa pedas merupakan cemilan yang banyak disukai orang termasuk mie lidi. Cemilan dengan bentuk seperti sapu lidi ini tidak hanya disukai oleh anak-anak saja tetapi termasuk orang dewasa juga banyak yang menyukainya. Citarasa dari mie lidi ini tidak hanya terasa pedas saja namun rasa gurih dan kriuk membuat mulut tidak merasa bosan untuk selalu menikmatinya.

Satu lagi jajanan kota Pemalang yang ngehitz dan populer dimana-mana setelah buah nanas dan selai nanas. Bernama mie lidi yang sering disebut mie lidi-lidian, mie biting dan mie lidi kering ini merupakan salah satu klethikan alias camilan unik melegenda di sana. Jajanan sederhana yang berupa mie berbentuk seperti lidi ini ada di daerah Cokra, Mulyoharjo Pemalang.

Di lansir dari kuliner Pemalang situs kabarpemalang.com, mie lidi ini merupakan mie kering yang memiliki bentuk bermacam-macam dengan variasi ukuran yang bisa di atur sesuai selera. Mulai dari mie lidi biting kering yang berdiameter kecil, sedang sampai mie lidi yang bentuknya agak besar. Untuk panjang mie lidi rata-rata kurang lebih 10 cm.

Mie lidi original menurut saya rasanya sepeti mie pada umumnya, yaitu hambar yang sedikit ada rasa gurihnya. Namun kini mie lidi di sulap menjadi camilan yang memiliki aneka rasa yang menggoda. Mulai dari mie lidi asin gurih, mie lidi pedas, mie lidi balado, mie lidi setan alias super pedas, mie lidi baberque, jagung dan masih banyak pilihan rasa lainnya.

Satu bungkus mie lidi pada umumnya di jual sekitar Rp 8.000,- hingga Rp 15.000,- per bungkus-nya. Harga mungkin di pengaruhi oleh rasa serta kemasan yang di pakai. Jadi harganya pun bervariasi dengan berat dan rasa yang bervariasi pula. Terlepas dari itu semua jajanan era 90-an ini memang layak untuk dicoba.

Cara Membuat Mie Lidi Kering Pedas

Bahan – bahan yang digunakan:

  1. ½ sendok teh baking powder
  2. 250 gr tepung terigu (pilihlah yang mengandung kadar protein tinggi)
  3. 60 ml air
  4. 2 butir telur yang diambil putihnya saja
  5. 30 gr tepung sagu
  6. Penyedap rasa ¼ sendok teh

Bahan untuk taburan:

  1. Bubuk balado 1 sendok
  2. Bubuk cabai 1 sendok
  3. Tepung sagu 25 gr

Langkah – langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah dengan cara mencampur bahan menjadi satu ke dalam wadah mulai dari tepung sagu, tepung terigu, baking powder, penyedap rasa juga garam. Aduk hingga rata lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya kocok lepas putih telur lalu tambahkan tepung terigu sembari diuleni hingga rata.
  3. Tambahkan air lalu aduk kembali hingga rata dan diamkan sekitar 15 menit.
  4. Giling adonan menggunakan penggilingan. Giling dengan ketebalan pada nomor 1 hingga 4. Pada tiap pergantian ketebalan, sebaiknya dilakukan penggilingan 2 – 3 kali.
  5. Selanjutnya potong mie menjadi 8 cm lalu potong lagi kecil – kecil.
  6. Panaskan minyak dengan api yang sedang lalu masukkan mie lidi ke dalamnya dan goreng hingga matang.
  7. Langkah terakhir adalah dengan menaburkan bahan taburan yang telah dicampur rata..
  8. Mie lidi telah siap untuk dihidangkan

Demikian Artikel tentang bagaimana Cara Membuat Mie Lidi Kering Pedas yang sangat nikmat. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan bisa membantu.

Terimakasih.

Beginilah Caranya..! Membuat Bakso Enak Kenyal

Beginilah Caranya..! Membuat Bakso Enak Kenyal

Cara Membuat Bakso Enak Kenyal – Bakso merupakan makanan populer yang banyak digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda. Kuliner yang satu ini dikenal hampir di berbagai tempat dan daerah di Indonesia. Hal tersebut tak terlepas dari nikmatnya pentol bakso, apalagi memiliki tekstur empuk yang khas dan rasanya yang enak.

Bakso

Bakso memang memiliki cita rasa sendiri sehingga tak heran jika banyak sekali dijumpai penjual bakso di berbagai daerah. Pastinya anda juga sudah pernah mencicipi kelezatanya. Namun taukah anda cara membuat bakso yang enak, kenyal, dan empuk tersebut?. Berikut ini adalah resep bakso yang bisa anda praktikan.

Cara Membuat Bakso Enak Kenyal

Bahan untuk Membuat Bakso:
  • 1/2 Kg daging sapi yang sudah digiling.
  • 100 gram tepung kanji.
  • 50 gram es batu.
  • 1/4 kg bawang putih yang dihaluskan.
  • Telur ayam 1 butir.
  • 1 sendok teh lada putih bubuk.
 Bahan Kuah Bakso:
  • 3 liter air (untuk kuah).
  • 1/4 kg bawang putih haluskan.
  • 1 buah balungan atau tulang kaki sapi agar kaldu kuah lebih sedap.
  • Garam 2 sendok makan .
  • 1 sendok teh pala bubuk.
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • Lada putih bubuk 1 sendok teh.
Bahan Pelengkap:
  • Bihun yang telah di rebus
  • Bawang goreng
  • Saus tomat dan kecap manis
  • Daun seledri secukupnya
  • Sambal

Cara Membuatnya:

  • Pertama-tama yaitu dengan mencampur es batu, daging sapi giling, telur, dan bumbu untuk pentol tadi. Kemudian haluskan dengan blender atau food processor juga mixer.
  • Sembari mencampur tadi, tambahkan pula tepung kanji sedikit demi seikit sambil mengaduk campuran hingga rata. Setelah rata, tuang bahan pentol tersebut ke dalam baskom.
  • Selanjutnya bentuk adonan pentol sesuai dengan ukuran yang di inginkan. Pentol yang sudah di bentuk di rebus kedalam air yang sudah mendidih. Masukan sesuai dengan kapasitas air, angkat pentol yang sudah terapung, yang terapung merupakan pentol yang sudah masak.
  • Pembuatan kuah bakso, caranya yaitu dengan memasukkan semua bahan dan humbu untuk bakso biarkan hingga masak dan mendidih.
  • Cara menyajikan, masukan bahan pelengkap bakso di mangkok. Setelah semua bahan siap, siram dengan kuah dan pentol bakso. Bakso lebih nikmat disantap saat masih hangat.
Lihatlah dan Buktikan Sendiri! Kue Kering Cantik dan Unik

Lihatlah dan Buktikan Sendiri! Kue Kering Cantik dan Unik

Kue Kering Cantik – Kue kering yaitu camilan yang bukanlah makanan paling utama. Dengan harafiah kue sering disimpulkan jadi camilan yang di buat dari tepung. Baik tepung beras ataupun terigu.

Sedang kue basah biasanya memiliki tekstur empuk, lembut, serta tidak bertahan lama (cuma bertahan sekian hari lantas basi dengan diikuti berjamur sama juga dengan roti). Hal semacam ini karna biasanya kue tradisionil terbuat dari tepung beras, gula, serta santan, hingga segera basi.

Kue Kering Cantik

Kue basah umumnya dibuat lewat cara dikukus, di rebus, atau digoreng. Dan pada umumnya bisa di dapati di pasar tradisionil di Indonesia banyak jajanan pasar di sana.

Berikut ini 3 resep Kue Kering Cantik yang pas untuk Lebaran atau untuk acara spesial lainnya. Mudah bikinnya, dan enak rasanya.

Tetapi perlu diingat, ada kunci utama yang harus diperhatikan dalam membuat Kue Kering Cantik, entah untuk lebaran atau untuk keperluan kapan pun. Jadi selain kita sajikan resep, ada juga tips membuat kue kering agar jadinya benar-benar jos dan maknyus.

Kue Kering Cantik

Berikut ini adalah cara membuat Kue Kering Cantik nan nikmat.

Cara Pertama

Bahan – Bahan :

  • 250 gr butter
  • 250 gr margarine
  • 700 gr tepung terigu
  • 100 gr gula halus
  • 4 butir telur ( ambil kuningnya saja )
  • 4 sdm susu bubuk full cream
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat :

  • Pertama anda siapkan butter, margarine, gula halus dan kuning telur, lalu campurkan semua menjadi satu dan kocok hingga tercampur rata.
  • Kemudian masukkan tepung terigu dan susu bubuk. Setelah itu uleni hingga adonan menjadi kalis. Karena akan membuat beberapa jenis nastar buah maka pisahkan adonan yang sudah kalis menjadi beberapa bagian, setelah itu warnai adonan sesuai selera anda dan sesuai warna buah.
  • Bentuk adonan menjadi bulat kecil lalu pipihkan tengahnya, isi tengah adonan dengan selai, lalu bentuk buah sesuai selera anda.
  • Langkah terakhir masukkan adonan ke dalam oven dengan suhu 180 DC selama lebih 25 menit.
  • Setelah matang, anda bisa dinginkan, setelah adonan dingin anda masukkan ke dalam toples.

Cara Kedua

Bahan – Bahan :

  • 200 gr butter
  • 70 gr margarin
  • 40 gr gula halus
  • 4 kuning telur
  • 20 gr susu bubuk
  • 400 gr tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • 1 kg daging buah nanas, haluskan/parut
  • 400 gr gula pasir, atau sesuai selera
  • 75 gr unsalted butter

Cara Membuat :

  • Buat selai: masak nanas sampai airnya berkurang, tambahkan gula, aduk terus sampai 1/2 kental. Tambahkan butter, aduk terus sampai kental.
  • Kocok butter, margarin, dan gula halus hingga rata, tambahkan kuning telur, garam, susu bubuk, dan tepung terigu sambil diaduk rata.
  • Ambil sedikit adonan, pipihkan, masukkan ke dalam cetakan keranjang, isi dengan selai nanas. Buat tali menyilang di atas keranjang.
  • Tata di atas loyang, panggang di suhu oven 150 derajat Celcius selama 15 menit. Keluarkan dari oven, olesi dengan kuning telur 2-3 kali, pangggang lagi sampai matang.

Cara Ketiga

Bahan – Bahan :

  • 150 gr margarin
  • Gula tepung 85 gr
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 bungkus minuman bubuk instan rasa jeruk  10 gr
  • 2 sendok makan susu cair
  • 2 kuning telur
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • Maizena 20 gr
  • 15 gr susu bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 75 gr ceri merah
  • Ceri hijau 75 gr
  • 75 gr kismis

Cara Membuat :

  • Kocok margarin, gula tepung, garam, dan minuman jeruk bubuk 2 menit.
  • Masukkan susu cair dan kuning telur. Kocok rata. Tambahkan tepung terigu, maizena, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  • Tambahkan ceri merah, ceri hijau, dan kismis. Aduk rata.
  • Sendokkan adonan di loyang yang dioles margarin.
  • Oven dengan  api bawah suhu 140 derajat Celcius 30 menit sampai matang.

Demikian dari saya bila ada salah kata mohon maaf, terima kasih dan selamat mencoba.

 

Cara Membuat Mie Ayam Instan yang Nikmat

Cara Membuat Mie Ayam Instan yang Nikmat

Cara Membuat Mie Ayam Instan.Mie instan jadi makanan sehari-hari masyarakat berbagai negara. Sebut saja Korea, Jepang, Cina, dan tentunya Indonesia. Rasanya yang gurih enak selalu bikin ketagihan. Apalagi pembuatannya yang sangat mudah, tinggal direbus dan diberi bumbu tambahan.

Mie instan pertama kali dijual di Jepang pada bulan Agustus 1958, dengan merk Chikin Ramen. Pembuatnya bernama Momofuku Ando, yang membuat inovasi mie kering dengan daya tahan lebih lama. Dulunya, Chikin Ramen menjadi makanan mewah karena harganya yang tinggi.

Ada beragam rasa mie instan yang bisa dipilih. Mulai dari Kaldu Ayam, Ayam Spesial, Soto, hingga Kari Ayam. Tak hanya itu, makin banyak inovasi yang dilakukan dalam produk mie instan, seperti penambahan bawang goreng, sayuran kering, bumbu koya, juga rasa yang semakin bervariasi.

Di Indonesia, ada beragam merk mie instan yang beredar, di antaranya adalah Indomie, Sarimi, Supermi, Gaga, Nissin, Sedaaap, dan Alhami.

Mie Ayam Instan ini banyak dijual di toko-toko terdekat seperti,indomaret,alfamart,pedagag-pedagang kecil dll. jadi disini saya akan memberitahu Cara Membuat Mie Ayam Instan, bagi anda yang belum tahu caranya untuk membuat, disini ada langkah-langkahnya.

Ikuti langkah-langkahnya Sbb :

Cara Membuat Mie Ayam Instan

Bahan- bahan:

– 2 bungkus mie instan atau 1/2 bungkus mie telor, rebus hingga matang, tiriskan. Beri 1/2 sendok makan minyak zaitun, aduk rata supaya mie tidak lengket.

– Dada ayam tanpa tulang 1 potong. Anda bisa menggunakan bagian ayam yang lain: kulit, ceker, kepala atau sayap untuk menambah cita rasa ayam di kuah kaldu.

– Sawi 4 tangkai rebus sebentar, tiriskan (saya skip karena tidak ada, saya ganti dengan daun bawang yang dipotong agak besar)

Bumbu dihaluskan:

– 3 siung bawang putih

– 5 siuang bawang merah

– 1/2 sdt merica

– 1 sdt ketumbar

– 1 ruas jari jahe

– 1/2 ruas jari lengkuas

Bumbu lainnya:

– 3 lembar daun salam

– 2 sdm kecap manis

– 1 sdm minyak sayur untuk menumis

– 2 tangkai daun bawang 2 tangkai iris melintang 1 cm

– Garam & gula secukupnya.

Cara Membuat:

– Rebus ayam dengan air sebanyak 3 gelas belimbing hingga empuk. Tiriskan dan potong dadu, sisihkan. Air kaldu bekas merebus ayam akan kita gunakan untuk membumbui ayam dan kuah mie.

– Tumisan ayam: Panaskan 1 sendok makan minyak di wajan, tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Matikan api. Bagi bumbu menjadi dua bagian. Sisihkan 1/2 bagian bumbu ke dalam mangkuk kecil biarkan 1/2 bagian bumbu lainnya tetap di dalam wajan.

– Masukkan potongan ayam ke dalam tumisan bumbu di wajan, tambahkan kecap manis, daun bawang dan 1/2 kaldu ayam serta garam dan gula secukupnya. Masak hingga bumbu meresap di ayam dan air kaldu agak berkurang. Cicipi rasanya, jika telah pas, matikan api.

– Sekarang kita siapkan kuahnya. Masukkan setengah tumisan bumbu yang tadi kita sisihkan ke dalam panci berisi sisa kaldu ayam. Tambahkan garam, cicipi rasanya. Biarkan mendidih dan angkat.

– Cara penyajian: Tata mie diatas mangkuk, tambahkan 3 sendok makan tumisan ayam diatasnya. Kuah ayam bisa langsung disiramkan diatasnya atau kita pisahkan di mangkuk kecil. Lengkapi dengan irisan daun bawang, saus tomat atau saus cabai.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Mie Ayam Instan semoga bermanfaat dan bisa membantu bagi anda.

Terimakasih.